Monday 9 December 2013

unspoken love

Hai.. sebenernya postingan ini udah ada dari lama.. Cuma saya putuskan untuk memasukkan kembali ke draft setelah 2 jam terpublikasi. Alasannya? Saya merasa harus ngobrolin ini dulu sama pacar saya, nggak lucu aja dia taunya dari blog saya, bukan dari saya sendiri. Dan ya, 2 hari sebelum tahun baru saya sama pacar ketemu, ngomongin banyak hal. Termasuk kisah ini. Jadi, saya tak lagi merasa berdosa bila saya memublikasi kembali postingan ini. Selamat menikmati...

Pernah nggak kalian ngerasain cinta yang tak terucap? Tak pernah terucap? Saya pernah. Setengah umur hidup saya rasanya saya habiskan untuk entah mencintai, entah mengagumi seseorang. Heran? Saya juga. Bisa jadi saya menjalin hubungan dengan orang lain, namun ketika saya melihatnya, memandangnya, saya kembali merasakan desiran hangat di hati saya. Deg!

Setelah berpikir panjang, saya putuskan untuk membagi kisah yang saya simpan rapat ini. Saya sadar, mungkin ada beberapa pihak yang merasa tersakiti dengan kisah ini. Tapi lebih baik saya tuliskan sekarang, sebelum semuanya terlambat. Jadi begini ceritanya...

Dulu, ketika saya masih sekolah dasar, entah kelas 4 entah kelas 5, saya melihatnya. Lucu dan menggemaskan. Untuk ukuran anak seumuran saya lebih sedikit, dia tergolong ganteng. Ganteng banget! Saya sampai terpesona! Hahahahaa.. Bayangkan, anak sekecil saya udah bisa terpesona sama cowok! Dia. Saya ingat, waktu itu sepulang sholat tarawih di desa rumah nenek saya. Saya melihatnya bercanda dengan teman-temannya. Aaah saya masih ingat bagaimana dia tertawa, bagaimana cerianya dia. Saya suka.

Setiap tahun saya melihatnya. Ya, hanya melihat dan sesekali curi pandang. Hanya waktu lebaran saya bisa melihatnya, ketika keluargaku berkunjung ke rumahnya. Saya tak punya nyali untuk memandangnya lamat-lamat. Melihatnya sekilas saja hatiku berdebar tak karuan. Jika beruntung, saya bisa bertemu dengannya (dan mencuri pandang) saat sebelum lebaran, bisa jadi selepas tarawih (seperti saat pertama saya melihatnya), atau saat saya beranjak menemani nenek saya ke pasar (lewat samping dan depan rumahnya).

Hingga saat saya kelas 9 SMP, tante saya menikah. Saya diminta menjadi kembang mayang. Waktu itu tante saya dengan senang hati ingin menjodohkan saya dengan dia (yang kemudian saya tolak karena eeerrrr... gengsi? hahahaaa..saya rasa itu salah satunya, dan kebetulan waktu itu saya sedang dekat dengan cowok lain yang mmm...lebih baik?), jadi tante saya juga meminta dia menjadi kembang mayang. Well, kembang mayang itu kan cowok 2 cewek 2, dan berpasang-pasangan. Waktu itu saya stay cool, bilang terserah mau dipasangkan dengan siapa, padahal dalam hati uwaaaah pengen banget sama dia! Hwahahahahaaa... Daaaaan dia memilih saya. Yes! Hati saya senang nggak karuan. Buncah. Saya sampai harus menahan senyum saya biar nggak ketara kalo saya senang bukan kepalang. Ini surga duunia, bung!

Sebelum orangtua pengantin masuk, kembang mayang lah yang duduk di kuade. Saya duduk bersama dia. Kita membicarakan banyak hal (yang pada akhirnya saya tau kalo dia sudah memiliki pacar), menertawakan banyak hal, sampai banyak yang berkomentar kalo kita terlalu banyak ketawa, dan tak sedikit pula yang bingung ini pengantinnya kita atau tante saya. Bhahahahak! Saya mengharapkan dia meminta nomer saya, yang sampai akhirnya saya merasa saya nggak cukup pantas buat dia karena dia tak sekalipun menanyakan nomer saya. Well, saya sadar, mungkin saya nggak cukup cantik untuk sekedar bersanding dengan dia.

Lebaran-lebaran selanjutnya tetap saya habiskan untuk sekedar melihatnya, curi-curi pandang ke arahnya. Tanpa ada rasa hati untuk bersamanya. Fix saya hanya ingin mengaguminya. Sakit kalo saya mendapatkan kenyataan bahwa saya mencintainya. Jadi ya, saya anggap semua ini kekaguman semata.

Sampai saat saya habis putus dari mantan saya, sekitar 3 taun lalu, dia tiba-tiba datang. Dia ngeadd fesbuk saya. Girang banget saya! Saya pas jomblo pula! Hahahaaa.. Nah gimana saya nggak girang? Bayangin deh, sejak awal saya make fesbuk, saya langsung search nama dia, nama panggilannya, soalnya saya nggak tau nama lengkapnya-,-"... dan ketemu sama seseorang yang saya sadari bukan dia. Nah saya langsung approve dia tuh. Dan dia ngechat saya. Tambah seneng lah saya. Eh ternyata dia lagi ada masalah sama ceweknya, dia curhat habis-habisan sama saya tentang kegalauan dia sama ceweknya. Ehem saya kepoin deh fesbuk ceweknya. Cantik meeeeen! Kebanting banget saya.. Ahahahaaaa... Ya udah, saya tanggepin netral aja curhatannya.. Ya masa iya saya suruh putus?! Hahahahahaaa... Saat itu saya anggap kalo saya dan dia hanya sekedar teman curhat, nggak lebih. Oh iya, dia (akhirnya) minta nomer saya! Dan beberapa minggu kemudian saya menemukan cinta saya, pacar saya sekarang.

Beberapa minggu setelah saya jadian, dia mendeklarasikan kalo dia akhirnya putus. Dari itu saya sadar, saya dan dia memang tidak ditakdirkan bersama. Well, hari-hari kelabu setelah putus masih dia habiskan buat curhat ngalor ngidul ke saya. Ya saya hanya bisa menyarankan kalo lebih baik move on. Toh dia, dengan segala kelebihannya, mampu lah mendapatkan cewek yang dia suka sekali tunjuk.

Dia bilang kalo saya akan selalu jadi adik kecilnya. Always be. Well, sedeket ini sama dia aja saya udah seneng pake banget. Saya nggak pernah mengharapkan lebih dari ini. Toh saya juga sudah memiliki seseorang yang sayang sama saya, cinta sama saya, dan saya juga sayang dan cinta. Pacar saya. Saya membiarkan tangan saya mengetik rasa rahasia saya selama bertahun-tahun ini dan mengirimkan pada salah satu sesi chat kita, well saya sih bilangnya cuma seneng aja sih liat dia, saya bilang kalo tiap saya ke rumah nenek saya, saya pengen liat dia. Dan saya mendapatkan jawaban yang bikin saya speechless. Yang saya nggak pernah menduga sebelumnya.

Dia, ternyata (juga) sudah suka sama saya, tertarik sama saya dari saya masih kelas 5 SD, waktu saya sama keluarga main ke rumah dia. Dia (juga) selalu curi-curi pandang ke saya! Oh God, tau kenyataan itu aja saya seneng banget! Hahahaa.. Dan waktu nikahannya tante saya, dia jatuh cinta sama saya! Tapi terlalu takut buat minta nomer saya, dia ngerasa nggak pantes gitu sama saya, takut saya tolak..-,-" ngok banget kan? Dan hari-harinya, meskipun pacaran sama si A atau si B, tiap ketemu saya perasaannya kembali ke saya. Itu saya speechless.. Padahal saya cuma bilang suka liat dia, eh saya dapet fakta yang bikin saya masang tampang pokerface :|. Sampe sekarang rasa dia ke saya masih sama. Dan sayaaa... Saya nggak tau ya... Ah, saya sudah mencintai orang lain, pacar saya. Ahhh...kenapa dia baru ngomong sekarang? Saat saya sudah bahagia bersama pacar saya? Aaarrrggghh.... Ya gini ini, cinta yang tak terucap, baru terungkap di waktu yang tak tepat.

13 comments:

  1. ups.. hati-hati mbak, kadangkala rahasia itu tidak perlu diungkap. takutnya nanti ada yang membaca dan merasa tersakiti. :)

    ReplyDelete
  2. wah..pacarmu mau berbesar hati ya menerima 'kenyataan' pas km cerita?
    gak cemburu? hehhehe.

    ya emang dia gak ditakdirkan utkmu.
    coba klo km jd ma dia, km gk akan memiliki org yg skrg setia sama km kan :)
    yang lalu biarlah jd kenangan :-D

    ReplyDelete
  3. tepuk tangan yg meriahh, keren kak berani ngomong soal ginian sama pacar, aku? bisa digantung lah aku kalo buat postingan seperti ini. aku jg pernah ngalamin kaya gini, rasanya itu ga enak bangettt, kadang emang ada penyesalan, seandainya saja kita mau sedikit bersabar. tapi ya sudahah, mungkin memang bukan jodoh :D

    ReplyDelete
  4. aku pernah ada di posisi kayak kakak :(
    dianya baiiikk banget :'D
    tapi sekarang udahan kitanyaah :'p
    aduh, kok malah curhat :p
    yasudahlah, pokoknya, kejujuran yang kak wii udah jalankan, lanjutkan!! karena sebaik-baiknya hubu8ngan kalau nggak jujur yaa... gitu deh, tau sendirilah :p hoho
    *sok tuak bet* -_-

    ReplyDelete
  5. wuih wilaa...
    akhirnya beneran diposting juga...hahaha
    yah emang ngeselin kalo yang ditunggu2 itu datang disaat nggak tepat...ampun deh..bikin gregetan.,.. --"

    ReplyDelete
  6. mahahaha bener2 sesuatu yag terungkap pada waktu yang tidak tepat kak :pp
    tapi percayalah kak, begini dengannya lebih indah.. lebih bikin jantung berdetak dagdigdug ser.. dibanding.. kalian sama2 jomblo.. trus jujur ttg perasaan masing2.. and then, jadian! pasti akan lain cerita... :'D

    waahh penasaran apa kata pacarnya kak wila pas kak wil ceritain ini ke dia :'D

    ReplyDelete
  7. Hati2 ntar putus sama pacarnya yg sekarang gara2 ini. #eaaaaa
    Gue juga sering sih ngalamin gini, jatuh cinta diem2 sampe lupa, beberapa taun kemudian deket, ternyata dulu dia suka juga sama gue. Untungnya pas lagi sama2 jomblo, akhirnya jadian huahaha

    ReplyDelete
  8. waduhhhh >.<

    gw juga sering banget cinta ga keucap, tapi lama-lama just be friend saja apalgi klo udah punya pasangan masing-masing, semoga pacarmu juga anggap begitu ya, sudah jadi teman saja ^^

    ReplyDelete
  9. Sudah, itu kan kenangan masa lalu. Ingat, masa lalu itu untuk dikenang, bukan diulang *racun:D

    Ya, pengalaman saja. Biarkan mereka menyesal melepaskan kita. Toh, mereka yang rugi meninggalkan kita yang tak terlupa olehnya, sepanjang masa. Dan penyesalan lainnya, bahwa kitalah yang terbaik dari yang ia suka *PEDE ABISSS^^

    ReplyDelete
  10. oooh wes rundingan disek karo sang pacar toh Wil, hehehehe... semoga bahagia apapun jalannya!

    ReplyDelete
  11. wehehehehe, curhat cinta yaaak..biasanya ygnulis itu yang mendam cinta yang ini yang anti mainstream behehehe...

    ReplyDelete
  12. wuaduuuh itu pacar kamu gakpapa kamu cerita begituan Wil? wah kalau aku udah meraung2 cemburu buta nih hahahaha

    aku bisa ngerti gimana perasaan kalo gak berani mengungkapkan cinta pada seseorang hehehe
    tapi gak boleh gt juga sih Wil, kan posisi kamu skg udah punya doi, kasian kan dia, siapa suruh pujaanmu datan di waktu yg tidak tepat, eeeeh
    hehehe

    ReplyDelete
  13. nyesel gak kak wil pacaran dengan yang sekarang begitu tau fakta kalo si Dia yang sedari kecil kka kagumi ternyata ada rasa?
    *gausah di jawab kak!!*

    pengakuan disaat yang tidak tepat. Tapi apa yakin itu sebuah pengakuan yang sebenar-benarnya. Ato modus aja gak tuuuuh? Modus ciee #apasih abaikan lagi

    gimana perasaaan cowok kakak ya saat baca ini tulisan
    "oh jadi gituuuuu" gumam nyaaaaaa.
    hehe ._.v

    ReplyDelete