Wednesday 11 July 2012

di desa

Saya sekarang lagi di desa lumayan terpencil. Well, saya di sini pengen jauh dari rumah. Di sini, di rumah nenek saya. Rumah nenek saya berada persis di depan SD negeri yang tiap pagi selalu saya ikutin senam paginya, dan tiap siang selalu saya borong jajanannya. Di sebelah SD ada stadion tua yang selalu rame kalo ada pertandingan sepak bola tingkat kecamatan, dan selalu saya puterin tiap paginya. Well, ternyata tingkat sadar pendidikan di sini beda banget sama di tempat saya. Kalo di tempat saya mah udah jadi bahan omongan orang kalo nggak kuliah. Ada yang kuliah cuma gara-gara nggak pengen nyandang status pengangguran aja, ada yang kuliah sampe ngeluarin banyak duit cuma biar dapet gelar, macem-macem lah. Lah di sini? Boro-boro nerusin kuliah, nerusin ke SMA masih ada aja yang ogah-ogahan. Mau kerja, katanya. Mau bantu orang tua, katanya. Well, bagus sih kalo jadi bos. Kalo jadi pekerja mah, gajinya dikit. Menurut saya sih. Hohohohoo.... Ada juga yang nggak mau nerusin SD gara-gara nggak bisa baca. Ckckckckck... Membaca itu bisa dilatih. Bahkan penderita disleksia sekalipun.

Saya jadi inget salah satu cita-cita saya (iya, cita-cita saya buanyak). Saya pengen jadi guru. Fenomena macem gini yang bikin saya pengen jadi guru. Nggak dibayar nggak apa-apa, yang penting anak-anak Indonesia mau belajar. Dulu saya pengennya habis lulus kuliah pengen ke daerah-daerah yang pendidikannya masih kurang. Di SD depan rumah nenek saya aja kelasnya cuma 1 tiap tingkatan. Gurunya juga cuma 1 tiap tingkatan. Jadi 1 guru itu menghandle semuuuuaaaaa mata pelajaran di kelas itu. Walah walaaah, kalo saya ya jelas bosen tiap hari tiap jam ketemu sama guru ituuuuuu aja. Gurunya juga susah, terus jadi males ngasih tugas, terus pikirannya juga jadi terbagi. Misal habis ngoreksi tugas matematika, terus ngoreksi tugas bahasa Indonesia. Ya nggak sinkron. 

Karena saya nggak berhasil masuk jurusan kependidikan, yaudah, saya nggak bisa jadi guru resmi. Tapi kalo diminta ngajarin anak-anak belajar, saya masih mau kok. Ya saya harap sih pendidikan di Indonesia itu bisa merata, sama-sama bagus gitu maksudnya. Hohoooo...

1 comment: