Thursday 5 July 2012

ketika harapan tak jadi nyata

Pasti pernah kan ngerasain kecewa? Kecewa biasanya terjadi ketika apa yang kita harapkan nggak bisa terealisasi. Rasanya itu kayak kita terbang pake paralayang ga pake pengaman tapi nekat terbang terlalu tinggi, terus tiba-tiba ada burung lewat terus nggak sengaja nyenggol tali, terus talinya putus ,terus kita jatuh bebas dengan indahnya, dan braaakkkkk langsung nyosor tanah. Gimana rasanya? Sakit? Pasti. Well, meskipun ilustrasi dari saya agak nggak jelas karena saya nggak tau harus mengilustrasikan seperti apa, yang jelas kecewa itu rasanya sakit. Harapan kita udah melampung tinggi dan buzzz tiba-tiba harapan itu lenyap. Hilang. Cuma menyisakan asap kekecewaan.

Saya sekarang lagi kecewa. Kecewa akademik (iya, ada galau akademik, ada kecewa akademik juga). Lah gimana nggak kecewa, saya belajar mameeeen. Well, meskipun saya belajarnya cuma 2 jam sebelum ujian, saya yakin kok sama jawaban saya. Jawaban saya benar dan sedikit mengada-ada. Tapi apa daya, dosen berkehendak lain. Beberapa dosen yang mungkin pusing meriksa tugas+ujian mahasiswanya, atau yang lagi sibuk ngurusin proyek, mungkin nggak punya cukup waktu untuk mengalkulasi kapabilitas mahasiswanya, memilih jalur random. Iya, random. Acak. Kalo udah kayak gitu, ya kita cuma butuh keberuntungan aja. Rajin-rajin berdoa biar beruntung dapet nilai bagus. Yang belajar sama yang nggak belajar nggak ada bedanya. Ini yang saya nggak suka. Saya yang dari awal udah memerhitungkan IPS saya semester ini jadi mengkeret. Gimana nggak mengkeret kalo target IPS=3,75 perhitungan IPS=3,5 kemungkinan terburuk IPS=3,08 tapi keluar-keluar ada 2 nilai BC, 2 mata kuliah belum keluar pula nilainya-,-. Sumpah saya langsung sumpek. Padahal saya 'nggenah' loh di 2 mata kuliah yang dapet BC itu. Cuma apes aja. Maklum, korban nilai random.

Sahabat saya sekarang juga lagi galau. Galau asmara. Hahahaaa....jadul banget kata-katanya-,-". Jadi ceritanya dia lagi jatuh cinta sama seseorang, terus cintanya ditolak. Saya sih berhipotesa kalo dia jadi korban PHP (Pemberi Harapan Palsu). Hooo, jangan salah....PHP ini jagonya bikin kecewa loh. PHP ini biasanya susah buat berkomitmen sama orang lain, jadi si PHP emang baik banget gitu sama kita, nah ketika kita udah mulai nyaman sama dia, mulai ketergantungan sama dia, tiba-tiba dia ngelepasin kita gitu aja. Beuh, rasanya bingung, kecewa, dan yang pasti sakit.

Well, ketika pengharapan nggak jadi kenyataan, ya pertama kita harus mengikhlaskan. Toh apa yang kita yakini 'terbaik' belum tentu itu bener-bener terbaik kan? Belum tentu bener-bener tepat kan? Toh kita belum ketemu atau ngerasain yang 'lain' kan? Someone else, kalo galau hati. Berdoa dan lebih berusaha, buat galau akademik. Ehm, usahanya yang positif loh, kalo usahanya negatif ya nggak diberkahi. Heheheee... Yang kedua, ya cari 'kacamata' yang pas. Cari sampai ketinggian berapa kita mampu menahan sakit ketika jatuh. Cari dari sudut pandang mana yang pas buat nengok keberhasilan. Kadang kita terlalu fokus liat jalan lebar yang lurus padahal banyak halangan daripada liat jalan alternatif yang sedikit berkelok tapi lengang. Well, kalo kata saya sih, kalo takut kecewa ya nggak usah berharap. Cuma berharap tapi nggak mau nerima resiko? Ckckckck...mana bisa berhasil kalo gitu? Semua pasti ada resikonya, cuma pinter-pinternya kita aja buat meminimumkan resiko. Jadi, kalo apa yang kita harapkan nggak terwujud, yaudah. Ikhlaskan saja. Jangan terlalu berlarut-larut dalam keterpurukan. Move on. Toh dunia masih berputar kan meskipun harapan kita nggak terwujud? Tambah usaha, tambah do'a, atur strategi baru.

3 comments:

  1. Kalau dari mata kuliah Hidrokarbon salah jika kamu mengatakan itu random, kalau kurang puas dengan nilai itu kenapa ga tanya ke Asistennya. Begitu, atau ada kasus lain seperti teman mu yang laporan Kunjungan lapangan yang sama dengan teman lain sehingga memperoleh nilai yang dibagi 2.

    emcenugraha

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah masa 2 kelas nilainya hampir semua BC?-,-"ga so swit blas

      Delete
  2. Hitunglah berapa kali wilanda mengetik "well" di ceritanya ini?
    hehe..

    ReplyDelete