Friday 8 June 2012

uang berbicara

Saya heran sama orang-orang jaman sekarang. Udah nggak ada asik-asiknya. Jaman sekarang seolah-olah uang berkuasa. Apa-apa diukur pake uang. Berasa semuanya bisa dibeli pake uang. Kebanyakan dari orang-orang jaman sekarang menjadikan uang sebagai tujuan. Bukannya uang itu cuma alat? Kalo kita menjadikan uang sebagai tujuan akhir, apa kita bisa bahagia? Toh kebahagiaan nggak bisa diukur pake duit. Kalo uang kita jadikan tujuan, mana pernah kita merasa puas? Kita bakal terus merasa kurang. Kita bakal terus merasa iri karena tetangga kita lebih kaya dari kita. Kita bakal terus was-was karena takut uang kita diambil orang. Kita bakal males belanja karena takut uang kita akan berkurang. Lah terus uang itu buat apa? Nggak jelas banget kan? Makanya saya paling males sama orang yang D3 (Dikit-Dikit Duit). Kayak cuma uang aja yang bikin mereka puas. Kayak cuma uang aja yang bisa bikin bahagia. Ckckckckck...nggak pernah jalan-jalan kali tuh orang (eh, nyambung nggak sih? hehehheeee).

Uang berbicara.
Dengan orientasi orang-orang yang kini menempatkan uang di urutan atas, nggak heran kalo kini uang dapat berbicara.
Kapan hari saya baca koran JawaPos. Saya baru tau kalo ternyata masuk penjara itu mbayar ya? Saya pikir ya gratis. Siapa sih yang pengen masuk penjara? Siapa sih yang rela membayar cuma untuk dikurung berbulan-bulan dalam penjara? Ckckck...mahal pula biayanya. Sumpah saya heran. Dulu saya pikir tinggal di penjara itu enak. Makan gratis, tempat tidur gratis, palingan juga cuma dikurung sama disuruh-suruh aja. Malah dulu saya punya pikiran buat ngecat penjara biar nggak kusem, biar tahanannya betah tinggal di penjara dan nggak ada yang kabur-kabur. Serius. Pikiran itu muncul waktu saya masih SD. Hohooo...Eh ternyata mbayar. Ada kelas-kelasnya pula. Ekonomi lah, bisnis lah, VIP lah. Lah terus apa bedanya penjara sama hotel?-,-"Semakin banyak bayarnya ya fasilitasnya semakin baik. Gila, ini hukuman apa rekreasi? Tapi yang saya nggak tau, apa perlakuannya sama buat tiap tahanan atau tergantung kelasnya? Huft...bukannya hukum itu harus tegas ya? Kalo hukum sudah bisa dikalahkan sama uang ya mau jadi apa negara ini? Ya beginilah kalo uang sudah berbicara. Tak perlu lagi mengecap pahit. Kan ada uang.

Uang berbicara. Bahkan uang bisa merekayasa cinta.
Kapan hari di Deteksi saya baca tentang tembak menembak. Mau terus maju buat nembak, atau milih mundur aja gara-gara takut ditolak. Kira-kira gitu lah. Nah, di situ ada kayak tips buat nembak di 'momen' yang tepat. Salah satunya nembak di resto yang mahal, pilih menu paling mahal, terus waktu udah makan nembak dan bilang 'kalo kamu terima, aku yang bayar. Kalo kamu tolak, kita bayar sendiri-sendiri.'. Nah looo, kalo misal pas nggak ada duit gimana? Akhirnya uang berbicara kan? Ckckckck... Karena uang, cinta bisa direkayasa. Banyak kok anak muda jaman sekarang yang cari pacar 'tajir' biar bisa dijajanin tiap hari, dibeliin ini itu. Ngakunya sih cinta, tapi sebenernya cintanya sama duitnya aja tuh. Hihihihihiii....

Saya pernah juga ngalamin momen dimana uang benar-benar telah bicara. Selain waktu saya kena tilang tentunya. Hohohoohooo....
Jadi waktu itu saya pengen perpanjang tempat saya menginap selama saya kuliah. Nah, di sana ada yang namanya pak (sebut aja) Bejo. Pak Bejo ini kayaknya sensi banget sama saya. Nyerang saya terus lah. Bilang saya tukang bohong lah, tukang pingsan lah, dan tukang-tukan lainnya. Intinya, niat saya buat perpanjang tempat nginep itu dipersulit. Karena saya buru-buru mau jenguk temen saya di rumah sakit, ya saya mundur dulu lah. Habis dari rumah sakit, saya langsung ke ATM, ambil duit buat bayar tempat nginep saya selama setahun, langsung capcus ke kantor pak Bejo. Begitu saya nyodorin duit buat 1 tahun cash, pak Bejo manggut-manggut, ngitung duit, langsung nulis kwitansi atas nama saya buat nyewa kamar selama 1 tahun. Udah. Nggak pake bicara apa-apa lagi. Uang telah bicara. Rrrr....tau gitu dari tadi langsung bawa duit aja deh, nggak usah debat.

Uang berbicara. Mungkin uang telah lebih mudah berbicara dibanding mulut kita.

1 comment:

  1. aku bolak balik ngomong sama duit ga dijawab tu hahaha :D

    ReplyDelete