Thursday 28 June 2012

apa kabar mahasiswa

Kapan hari saya ikut LOT (Leadership Organizing Training) di jurusan saya. Di sana ada satu sesi yang membuat mata saya terbuka. Nama keren sesinya saya lupa, yang jelas sesi itu tentang pengabdian masyarakat. Apa aja sih yang kita, sebagai mahasiswa, sudah berikan kepada masyarakat? Buakankah mahasiswa itu sebagai agent of change? Tapi apakah sampai saat ini kita sudah membuat perubahan yang berarti?

Well, kapan hari saya dengar radio SS (Suara Surabaya) yang waktu itu membahas tentang buah lokal atau buah impor. Buah impor yang rasanya enak di lidah dan harganya nyaman di kantong emang membuat kita lebih memilih buah impor daripada buah lokal. Selain itu, bentuk buah impor emang lebih 'jelas' daripada buah lokal. Nah, terlepas dari penjual buah lokal yang biasanya curang (rasanya asem dibilang manis) yang bikin kita jadi nggak percaya sama produk dalam negeri, rasa dan tampilan buah lokal yang jauh dari kata bagus itu kadang membuat kita berpikir, bukannya di Indonesia banyak sarjana pertanian? Lah terus pada kemana? Bukannya sarjana pertanian dicetak untuk memerbaiki sistem pertanian di Indonesia biar hasil pertanian kita bisa membumi? Itu cuma sebagian kecil aja sih dari sekian banyak contoh. Well, dikit sih sarjana yang kembali ke daerahnya buat memperbaiki daerahnya. Padahal yang bayarin kita kuliah itu ya petani-petani, tukang becak, sopir angkot, dan 'orang kecil' lainnya. Mereka menaruh harapan besar pada kita, mahasiswa.

Nah, ada juga sih yang udah ngasih inovasi-inovasi buat Indonesia lebih baik, tapi kok nggak ada langkah selanjutnya ya? Apa karena pemerintah kurang nanggepin? Contohnya aja yang inovasi buat ngehemat BBM itu loh, saya lupa sih apa namanya, udah lama banget itu, tapi kan lunayan gitu buat diterapkan sehari-hari, buat ngehemat BBM, biar anak cucu kita ntar juga bisa ngerasain apa yang kita rasain sekarang. Contoh lain yang masih saya inget itu pembangkit listrik dari sampah. Nah, itu kan juga lumayan kalo bisa diterapkan buat sehari-hari, tapi mana? Masa cuma berakhir sampe koran aja? Sayang banget loh kalo inovasi-inovasi yang menurut saya 'wow' itu nggak dilanjutin. 

Lah terus? Apa yang udah saya lakuin? Heheheheee... Saya emang belum bisa bikin inovasi-inovasi gitu, saya juga nggak hobi bikin PKM, saya nggak hobi nulis apalagi belajar, saya hobinya curhat. Tapi dengan curhat itu saya bisa berbagi pengalaman yang (kurang) berguna. Saya juga kadang nerusin apa yang dulu saya cita-citakan. Ngajar. Well, mungkin baru itu yang bisa saya lakuin ke masyarakat. Sederhana, tapi Insya Allah berguna.

No comments:

Post a Comment