Friday, 15 February 2013

me vs galau

Karena ada judul film 'me vs high heels', saya nggak mau kalah doooong. Saya bikin deh postingan yang judulnya 'me vs galau'. Postingan ini berisi tentang bagaimana cara saya menghadapi kegalauan. Hahahahaa... Ya, ini memang tips yang kurang penting, namun lumayan bermanfaat.

Bagaimana saya menghadapi kegalauan?
Well, itu tergantung sama penyebab kegalauan dan tingkat kegalauan itu sendiri sih. Tapi, secara umum tahapan mengatasi galau adalah:

1. Curhat
Siapa sih yang nggak suka curhat? Eh, banyak ya? Heheheheee... Well, berhubung saya orangnya suka curhat, kalo ada masalah pasti langsung curhat. Curhat ke siapa aja boleh, tapi buat beberapa masalah yang sangat pribadi emang cuma aku curhatin ke temen-temen yang aku percaya aja sih.. Curhat ini bisa meringankan stres loooh... Soalnya kita kayak berbagi masalah sama temen kita gitu, jadi lebih enak. Hohoohooo... Buat saya, curhat itu nggak harus dikasih kritik san saran, tapi cukup didengerin aja. Makanya, saya kalo curhat tuh lebih suka sama orang-orang pendiem, karena mereka adalah pendengar yang baik, jadi lebih lega kalo curhat.

2. Jalan-jalan
Kenapa jalan-jalan???
Jalan-jalan itu bisa bikin otak kita lebih seger. Kalo dalam hidup, dengan jalan-jalan, kita jadi bisa melihat sesuatu dari sudut yang berbeda. Bisa jalan-jalan ke taman, pantai, panti asuhan, sampai ke mall. Pasti ada hikmahnya. Sekalipun itu ke mall. Contohnya, misal ada barang dengan diskon 70%, tapi barangnya udah nggak keliatan baru, nah dari sini bisa disimpulkan kalo segala sesuatu itu nggak bisa dinilai dari kuantitas, tapi juga dilihat kualitasnya. Well, dulu saya kalo lagi galau tuh belanja. Ngabisin duit. Tapi akhirnya saya sadar, duit habis bukan berarti masalah juga langsung habis. Kegalauan emang tersamarkan ketika saya belanja, hepi banget lah rasanya. Tapi, setelah belanja, pulang, masuk kamar, deg! masalah itu muncul lagi, kepikiran lagi.

3. Move on
Sekarang kayaknya lagi digalakkan kata-kata move on. Ya emang, kita harus tetep move, berpindah untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih baik lagi. Nggak cuma dalam urusan patah hati kita baru move on, tapi untuk segala urusan. Ketika kita dihadapkan pada suatu masalah, hadapi. Setelah itu jadilah lebih baik, agar permasalahan itu nggak keulang lagi. Move on, dalam patah hati kita bisa CARI 'someone new', dalam galau diri kita bisa JADI 'someone new'. 'Someone' yang lebih baik tentunya. Entah itu untuk hati maupun diri, harus lebih baik. Buktikan pada mereka bahwa kita bisa. Kita mampu untuk move menuju pribadi yang jaaaauh lebih baik.

4. Beribadah dan berdoa
Nah, ini yang nggak boleh ketinggalan. Masalah bejibun? Coba kita dekatkan diri kita dengan Tuhan. Niscaya kita bakal lebih tenang. Soalnya emang nggak semua masalah kita curhatkan ke sesama, ada kalanya kita introspeksi dan berdoa agar punggung kita lebih dikuatkan untuk menopang masalah, serta diberi kesabaran dalam menghadapi masalah. 

5. Tidur
Galau itu bikin hati dan pikiran kerja terus. Nyesek jadinya. Nggak kerasa kita udah buang energi yang lumayan banyak, meskipun kita cuma diem di kamar tapi kepikiran. Well, kalo kayak gitu mending saya tidur. Mengistirahatkan diri dan hati.


Yak, itulah bagaimana cara menghadapi kegalauan. Gimana cara kalian bergulat dengan kegalauan? Boleh dong share di komen.^^

18 comments:

  1. 4 dan 5 saya paling setuju
    obat mujarab galauisme

    ReplyDelete
  2. galau? hmm paling enak itu nangis ya itu juga kalo udah kebangetan nyesek. terus abis itu makan deh sebanyak banyaknya haha

    ReplyDelete
  3. 1245 gue setuju , tapi kalo yg 3 hmm itu susssaaah banggeeett .

    ReplyDelete
  4. paling manjur itu yg nomer 3, shoppiiiiiiiiing kalo lagi ga boke sih -.-
    terus karaoke juga bisa ngilangin galau looooh

    ReplyDelete
  5. kalo aku paling manjur tuh MOVE ON dengan cara nyari kegiatan lagi. gabung di grup, ikut les atau apa gitu.. yg penting ada kesibukan

    ReplyDelete
  6. Kalau lagi galau? mending ditulis aja, bisa jadi inspirasi nulis macem macem tuh. Puisi, cerpen, cerbung, de el el. Kaya kamu ini. *eh :D

    ReplyDelete
  7. makan gak termasuk cara menghilangkan galau yaa wil?? :D
    kalo aku lebih suka dicurhatin daripada curhat.. :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. makan???termasuk doooong...tapi habis itu galau lagi gara-gara tambah gendut-,-"

      Delete
  8. yapss setuju banget tuh, sama baner kita, dan akhirnya galaunya selesai, hahah nahlo kok gw malah curcol :0

    ReplyDelete
  9. hehe setuju semua deh sama kamu..
    nomor 4 yang paling jitu sebenarnya..

    ReplyDelete
  10. Tambah lagi satu deh.. dengerin musik, entah itu sambil nyanyi2, sambil joget2, sambil guling2.. Musik itu mood booster lah.. :D Btw, salam kenal mbak..Boleh dong minta di follow back, hwehehehe

    ReplyDelete
  11. kalo gue lagi galau suka makan banyak, dengerin music up beat, jalan-jalan .
    dijamin deh galau hilang :D

    ReplyDelete
  12. kalo galau ya gua mah maen pe es sampe enggak tidur ahihi

    ReplyDelete
  13. Jago kamu. Gue harus banyak belajar sama kamu, begitu berpengalaman menghadapi kegalauan!

    ReplyDelete