Sunday 21 April 2013

ketika nilai lebih berarti

Tau nggak keadaan UN taun ini?
- Ujian setengah Nasional, karena nggak serentak
- Soal ada yang kurang, terus di fotokopi
- Siswa boleh bawa hape
- SMS jawaban beredar dimana-mana

Ya, UN taun ini emang bener-bener kacau. Saya aja sampe geleng-geleng tiap baca koran tentang UN. Kok bisaaaaa itu loh? Nggak profesional banget. Jadi ini kan intinya gara-gara soal ada 20 paket sama percetakan yang terpusat. Apa ya, nggak masuk akal aja. Dibikin terpusat itu kan biar meminimalisir kebocoran soal. But hey, kebocoran soal itu bisa terjadi dimana aja. Bisa saat distribusi, maupun di sekolah. Kenapa soal bisa bocor dan jawaban beredar dimana-mana??? Karena semua ingin nilai lulus dengan nilai bagus. Ya siswanya, ya orangtuanya, ya gurunya, ya kepala sekolahnya, semuanya. Jadi ya pantes lah kalo ada pihak-pihak yang memanfaatkan situasi seperti ini.

Jangankan UN, UAS ataupun ulangan harian aja loh banyak yang nyontek. Kayaknya nyontek itu udah jadi budaya bangsa ini. Saya nggak bilang kalo saya nggak pernah nyontek loh yaa...heheheheee... Kenapa kita nyontek? Karena kita pengen nilai bagus. Kenapa kita pengen nilai bagus? Karena itu dipandang penting. Penting buat kita untuk nyenengin orang tua, penting buat orang tua buat mamerin ke kerabat (kalo anaknya pinter), kalo dalam UN ditambah penting buat sekolah (biar mamerin ke orang luar kalo dengan sekolah di tempat ini kalian bisa pintar).

Kalo nilai jadi poin yang penting, ya susah kalo disuruh jujur. Kita pasti takut kalo ntar jujur nilai kita jelek. Hhhhhh...*hela nafas*. Salah satu alasan kenapa kita nggak jujur kan karena kita nggak pede ya? Kita nggak yakin kalo kita bisa. Kenapa? Karena kita udah terbiasa nyontek. Kenapa kita terbiasa nyontek? Karena kita bakal dimarahin kalo nilainya jelek. Huft...mbulet ae..

Kalo saya ditanya 'Lebih milih mana, ilmu atau nilai?', saya jawab dua-duanya. Kalo harus milih salah satu? Saya sih mending ilmu aja. Bayangkan kalo punya nilai bagus tapi kalo ditanya tolah-toleh, nilai jadi dipertanyakan. Beda kalo kita punya ilmu, meskipun nilai jelek, kalo ditanyain orang bisa nyaut. Kalo ditanya nilainya berapa? Jelek. pasti ntar dibilang 'Kamu pantas mendapat nilai yang lebih baik.'. Hahahahaa... Saya tau, soalnya saya pernah ada di dua posisi itu.

Well, saya rasa kejujuran bakal susah didapat kalo tiap orang masih mementingkan nilai. Yang terpenting dalam masa sekolah dan kuliah adalah belajar. Ya belajar tentang pelajaran, ya belajar tentang hidup. Tinggal gimana kita menjalaninya aja.  Apakah kita mau mengejar nilai, atau mengejar ilmu.

2 comments:

  1. Pilih ilmu. tapi nilai juga penting. Duh ikutan galau. *_*

    ReplyDelete
  2. Sistem pndidikan & pndangan sosial msyarakat yg mnganggap bahwa " Nilai adlah sgalanya" itu yg akhirnya bkin praktek kecurangan2 dlam UN terus tmbuh sbur..

    ReplyDelete