Monday, 21 July 2014

Nyekripsi ala Wila

Hai..
Semester ini kan saya lagi sibuk tugas akhir, alias skripsi. Nah saya juga lagi pengen nulis tips-tips lagi. Jadi nggak apa-apa kan ya kalo saya nulis tips skripsi ala saya? Yaaa... meskipun belom teruji kebenarannya, karena saya belom sidang akhir :|.

Well, saya sebenernya pengen nulis tips ini karena banyak mahasiswa skripsi yang sampe begadang, nggak tidur semalam, dua malam, tiga malam, bahkan seminggu nggak tidur buat ngerjain skripsi. Temen-temen saya pun juga suka begadang, bahkan temen-temen saya malah heran sama saya yang istilahnya 'nggak keliatan susah' ngerjain skripsi. Padahal saya juga heran, emang apa sih yang dikerjain temen-temen saya kok sampe begadang kayak gitu? Kan saya jadi mikir, ini temen-temen saya yang terlalu rajin apa saya yang nggak niat? :|

Nah, mungkin di google udah bejibun sih postingan tips skripsi. Nggak apa-apa.. saya kan juga pengen nulis.. XD

Oke, tips nyekripsi ala Wilanda Permaisuri:
1. Tentukan Tema
Langkah Pertama yang harus kita lakuin buat nyekripsi ya nentuin tema lah. Kira-kira tema apa yang bisa kita angkat. Saran saya, pilih tema yang udah kita kuasai, jadi nggak perlu ngoyo buat belajar lagi. Nggak apa-apa sih kalo misal ada tema menarik tapi belom kita kuasai, tapi pastikan kita bener-bener tertarik sama tema itu, jadi kita rajin dan seneng buat belajar.

2. Cari Referensi
Setelah kita udah ngerasa sreg sama satu tema, cari referensi yang berhubungan sama tema tersebut. Apa aja. Bisa dari buku bacaan, jurnal-jurnal, sampe skripsi senior kita yang udah lulus. Di sini kita coba temukan permasalahan-permasalahan yang mungkin bisa kita angkat. Dari situ kita tuliskan dulu poin-poin masalahnya, temukan benang merahnya, dan pelajari lagi seluk beluknya. Nah bisa tuh lihat saran dari laporan skripsi senior-senior, kali aja bisa dicerna dan bisa jadi bahan skripsi kita.

3. Tentukan Analisa atau Eksperimen
Setelah kita udah ngerti masalah-masalah apa yang bakal kita angkat, kita tentukan mau bikin skripsi kita berdasarkan eksperimen, atau berdasarkan analisa. Kalo eksperimen ya kita harus siapkan waktu, tenaga, pikiran, dan duit. Kalo analisa, ya kita harus nyiapin mental, dan pikiran sampe njedok, duit juga, waktu juga sih, ah sama aja.

4. Tentukan Judul
Kita udah tau mau ngangkat masalah apa, tau jenis skripsinya apa, ya udah kita tentuin judulnya deh. Judulnya kalo bisa yang jelas, menarik, dan kepo-able.

5. Pastikan Ada Data atau Alat Penunjang
Kita udah tau judulnya apa, terus ya kita pikirin lagi datanya dapet darimana. Eits, jangan disepelein loh.. Data ini salah satu faktor penting dalam skripsi. Saya pengalaman sendiri loh, judul udah ada, permasalahan udah jelas, tapi data bakal kelimpungan nyarinya, akhirnya saya puter balik cari judul baru dengan tema yang baru, dan otomatis nyari referensi baru :|. Kalo kita pengen melakukan eksperimen, ya pastikan juga alat-alat penunjangnya ada. Soalnya temen saya ada yang skripsi nggak jalan-jalan karena ada permasalahan teknis sama alatnya. Nah sampe sini, kalo nggak terpenuhi ya lebih baik kayak saya, balik ke nomer 1 lagi :|

6. Pilih Dosen Pembimbing
Setelah kita manteb sama judul yang mau kita bawa, kita cari dosen pembimbing buat skripsi kita. Cari yang kayak dosen saya nih, yang ilmunya banyak, ngerti banget tentang skripsi yang mau kita angkat, bisa diajak diskusi dua arah, nggak pelit ilmu, bisa belain kita waktu sidang, baik, dan ganteng. Ya kan biar rajin asistensinya. Heheheheeee.. Bisa banget minta rekomendasi ke senior-senior buat dosen pembimbing mana yang cocok buat kita.

7. Buat Timeline
Judul udah dapet, dosen pembimbing udah ada, nah habis itu kita bikin timeline pengerjaan skripsi deh. Di sini, mahasiswa deadline oriented kayak saya perlu banget nih bikin deadline buat diri sendiri. Kalo nggak gitu ya nggak kerja-kerja :|. Jadi apa aja yang harus udah tercapai di minggu pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya.

8. Progress Tiap Hari
Salah satu musuh dalam ngerjain skripsi ada mood. Apalagi saya kan orangnya moody banget, saya bisa jadi rajin banget dan besoknya udah jadi males nggak ketulungan. Nah, dalam mengerjakan skripsi, kita butuh konsistensi. Makanya, kalo bisa tiap hari ada progress buat ngerjain skripsi. Meskipun progressnya cuma nambahin titik aja nggak masalah, yang penting ada, yang penting tiap hari kita buka file skripsi kita, tiap hari kita ketemu sama skripsi kita. Kenapa? Soalnya sehari aja kita nggak buka skripsi, bisa-bisa mood ngerjain udah ilang. Dan ngembaliin mood itu susah bingit.

9. Sering Asistensi
Meskipun di semester ini kita cuma ambil skripsi doang, jangan males buat ke kampus. Selain buat asistensi, kita juga bisa update gosip terbaru *okesip. Nah rajin-rajin asistensi banyak manfaatnya, selain lebih efisien (kalo ada yang salah langsung ketauan, benerinnya kan nggak banyak-banyak), kita juga lebih dikenal dosen. Jadi kalo ada pembullyan massal waktu sidang, kita juga bisa dibelain habis-habisan sama dosen tersayang.

10. Kerjain! Jangan Cuma Dipikirin
Ini nih yang penting. Kerjain! Jangan cuma dipikirin, jangan cuma update #galauTA, #galauskripsi doang.. Kenapa? Mikirin cuma bikin stres, update status malah bikin kita dicap galauers skripsi. Dih. Stres plus kerjaan makin numpuk jadinya. Kayak saya dooong, skripsi saya kerjain.. tapi tetep update status #galauTA *eh.

11. Pinter Nyenengin Diri Sendiri
Di tengah kesibukan skripsi, yang nggak boleh menimpa kita adalah stres dan sakit. Makanya, jaga kesehatan! Jangan sering-sering begadang, makan teratur. Kayak saya gini dong, di saat temen-temen saya tambah kurus gara-gara skripsi, saya malah tambah gemuk :|. Kalo berkendaraan juga hati-hati, jangan sampe kecelakaan. Iya, jangan sampe waktu ngerjain skripsi malah kecelakaan gara-gara ngegosip, kayak saya. Hahahaaa.. Kita juga harus pinter-pinter nyenengin diri sendiri biar nggak stres. Atur waktu buat 'me time', entah buat nonton film, maen game, shopping, nyalon, terserah selama itu bikin kalian hepi. Kalo saya sih pokoknya dalam satu  hari ada waktu buat seneng dan stres. Misal ngerjain skripsi 2 jam, terus saya tinggal nonton drama 6 jam :|. Nggak apa-apa toh? Yang penting kan skripsi dikerjain, saya juga nggak stres.

12. Jangan Suka Numpuk Kerjaan
Apa yang bikin kita sampe begadang? Tugas numpuk toh? Deadline deket toh? Nah, saya yang paling nggak bisa begadang ini jelas harus bisa mengantisipasi keadaan itu. Yang jelas, saya nggak rela jam tidur saya terganggu. Iya, saya kayak panda ya doyan makan, doyan tidur.  Nah, makanya jangan suka numpuk kerjaan. Apa yang bisa kita lakuin sekarang yang kerjain, jangan nunggu nanti-nanti. Kalo saya sih emang suka nunda-nunda, tapi saya punya trik buat ngatasin itu tanpa harus mengorbankan jam tidur. Caranya? Mau tau? Mau tau? Jamaaaaaaah~ oke balik lagi. Caranya, saya kira-kira apa yang saya tunda itu bisa dikerjakan dalam waktu berapa lama di jam efektif saya. Jam efektif saya itu mulai jam 3 pagi sampe jam 12 siang. Jadi ya saya bakal ngerjain di jam-jam itu. Nah, di sini saya sadar manusia itu sangat kompleks, semua punya jam pinter masing-masing, jadi manfaatkan jam-jam pinter kalian seefektif mungkin. Di luar itu, buat seneng-seneng aja mending. Biar nggak stres.

13. Berdoa, Bersyukur, Bersabar
Nah ini tips terakhir yang harus kita lakuin tiap hari. Skripsi itu nggak cuma butuh doa, tapi juga butuh kesabaran dan perlu disyukuri. Sabar dalam ngerjain, revisi, sampe sabar kalo diputusin pacar pas skripsi. Dan disyukuri setiap progres yang udah kita lalui, sidang yang nggak seruwet yang kita pikir, sampe dosen yang banyak maunya juga kita perlu syukuri. Sukuuuur...

Okedeh, sekian tips dari saya. Mungkin banyak tips-tips yang masih kurang. Semoga bermanfaat. Have fun sama skripsi kalian =P

6 comments:

  1. Tips terakhir: Cari joki buat jaga-jaga

    ReplyDelete
    Replies
    1. zzzz...kalo di teknik mana bisa pake joki?

      Delete
  2. Yang paling penting itu, tentuin apakah kamu udah semester tua atau belum, kalau masih semester 6 atau 7, mana bisa skripsi, hehehe

    ReplyDelete
  3. ada poin yg kurang tuh..
    singkirkan foto2 dan segala sesuatu yg bisa bikin kita inget sama mantan.. jadi bisa khusyu ngerjain skripsi nya.. hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. -_____-" move on laaaah.. move on...

      Delete