Sunday 10 November 2019

PCOS dan Bagaimana Saya Melewatinya

Hai.. Long time no see..
Udah setahun, dua tahun, atau bahkan tiga?

Saya nikah dari 2016, jadi udah tiga tahun menikah dan belum dikaruniai anak. Saya positif mengidap PCOS (Polycystic Ovarium Syndrome) yang menyebabkan siklus menstruasi saya kurang teratur, susah juga sel telur bisa 'keluar' untuk bisa dibuahi. Rumit.

Awalnya sih saya bisa santai dengan pertanyaan-pertanyaan dan omongan orang yang lebih cocok disebut dengan gunjingan, karena kebetulan (entah cocok apa enggak dibilang kebetulan) sahabat saya juga belom dipasrahi momongan. Mertua juga alhamdulillah tidak terlalu menekan untuk cepat punya momongan. Nah, yang mulai jadi tekanan justru karena orangtua saya. Mulai resah, gelisah, dan nyindir-nyindir halus gitu..

Kebetulan saya nggak punya target kapan punya anak, sedikasihnya lah.. Meskipun sedikasihnya, tapi jangan pikir saya pasrah doooong. Enam bulan setelah nikah saya coba ke spog, di situ saya tau kalo saya kena PCOS. Saya dikasih pil (semacem pil KB) yang harus diminum tiap hari biar hormonnya stabil dan menstruasi bisa teratur, plus obat diabetes (metformin) yang katanya juga bisa menstabilkan hormon. Selama tiga bulan, menstruasi saya teratur. Kata dokter setelah tjga bulan boleh lepas obat karena biasanya hormonnya udah bisa menyesuaikan. Bulan keempat, kembali telat. Kata dokter, mulai dari awal.

Saya coba ke dokter lain. Dokter ngasih obat plus vitamin untuk satu bulan yang harganya satu jeti. Apakah bikin menstruasi lancar? Ya. Tapi kembali lagi, bagaimana apabila stop obat? Apakah lancar? Tidak. Sama dokter kedua saya nanya, apa saya harus diet? Dokternya bilang nggak perlu. Baiklah..

Di dokter ketiga, yang kebetulan ada di rumah sakit paling oke di kota tempat saya tinggal, dokternya lebih jelas menerangkan, dan lebih mahal pula obat yang diberikan :'( tapiii dokter ini ngasih tips juga, PCOS nggak bisa disembuhkan, tapi bisa diakalin, caranya jaga pola makan, olahraga 30menit sehari, dan diet sampe ke BB normal. Hmmm memang sih BB saya naik 10kilo sejak nikah. Apakah terlalu bahagia? Lolololol

Dari dokter ketiga saya cuma nebus obat selama 3 bulan, setelahnya saya cuma coba tips dari beliau, karena saya pikir nggak bagus juga kalo tergantung sama obat. Alhamdulillah menstruasi lancar, sampe akhirnya lebaran tiba. Pola makan ugal-ugalan, dan jadi jarang olahraga.

Saat males olahraga lagi, saya nemu postingan tentang JSR (Jurus Sehat Rosulullah), di sana ada banyak resep dan saya menemukan resep untuk 'mengobati' PCOS. Caranya, bikin semacam infused water dari kayumanis dan jahe (ukuran satu jempol), airnya 600ml, biarkan semalaman. Saya sampe sekarang minum, alhamdulillah jadwal menstruasi tepat (meskipun tanpa olahraga..wkwkwkwk..jangan ditiru, harusnya tetep olahraga biar aliran darah lancar).

Apakah saya hamil? Belum. Yaaah namanya juga rizki, kalo belom waktunya dikasih ya gimana dong? Banyak berdoa pastinya.. Semoga disegerakan.. Aamiin..

No comments:

Post a Comment