Wednesday 27 November 2019

Privilege

Hai..
Ternyata susah juga ya buat nulis tiap hari..wkwkwkwk..pasti ada waktu dimana kita ga pengen ngapa-ngapain, bahkan untuk sekedar menulis.

Jadi sekitar beberapa hari lalu, lagi rame sama yang namanya 'privilege' alias hak istimewa. Gara-gara ada perempuan usia 23 tahun yang diangkat jadi staf kepresidenan (disorot karena bapaknya bos tv), dan sebelumnya ada juga perempuan usia 27 tahun udah jadi rektor (dari universitas milik bapaknya). Dari sini netijen maha benar langsung heboh, banyak yang layak tapi mereka lebih dipandang karena privilege dari orangtuanya. Hmm apakah privilege semenyenangkan itu?

Diberi keistimewaan memang menyenangkan. Kita bisa memakai 'jalan pintas' yang tidak semua orang bisa merasakan. Tapi apakah mereka nyaman dengen diberi jalan pintas tersebut? Sekali lagi saya bilang, selalu ada hal yang dikorbankan. Simak cerita saya, yang punya sedikit privilege dari orangtua.

Bisa dibilang ayah saya punya jabatan di bidang transportasi laut, jadi kalo saya mau naik kapal nggak perlu bayar, plus bisa langsung masuk tanpa antri, plus bisa ngadem di ruang nakhoda (ga jarang disuguhin makan sama minum pula). Enak kan? Memang. Tapi saya suka nggak enak, karena merasa itu bukan hak saya. Saya nggak enak liat orang ngantri ngeliatin saya yang langsung masuk tanpa antri, kayak ngerasa ini salah. Saya juga nggak enak ngelihat karyawan menyuguhkan makan minum ke saya yang sebenarnya itu bukan tugasnya. Dan yang lebih bikin saya ngerasa salah adalah saya nggak perlu bayar.

Apa harga yang perlu saya tebus untuk mendapat privilege itu? Salah satunya adalah saya nggak bisa menentukan masa depan saya sendiri. Saya kuliah di jurusan yang saya nggak minat, biar besok kerja bisa ada 'link'. Logikanya gini, saya aja ga minat kuliah di jurusan itu, apalagi buat kerja? Dan betul, bahkan setelah lulus saya nggak memanfaatkan koneksi ayah saya buat cari kerja. Setelah nikah malah sengaja jualan jilbab aja..wkwkwkwk.. Bolak balik ditanya, nggak mau kerja lagi apa? Sayang banget kuliah di tempat bagus tapi nggak kerja. Bodo amat dah..wkwkwkwk..

Salah duanya, saya harus jaga sikap dan pintar menyembunyikan perasaan. Udah berasa artis aja dah. Jangan sampe menimbulkan gunjingan dan aib bagi orangtua. Kalo bisa juga hafal siapa aja rekan-rekan orangtua. Jadi paling males emang kalo ada acara kantor yang harus bawa keluarga. Makanannya emang enak-enak, tapi suasananya suka nggak enak, kayak penuh kepalsuan gitu.

Jadi netijen yang budiman, tolong dong jangan mentang-mentang orang punya privilege, orang itu langsung dicap hidup enak dan nyaman. Bisa jadi kamu nggak tau apa yang udah mereka lalui. Nggak semua orang rajin share kengenesan hidupnya yaa.. Bersyukurlah apapun keadaanmu. Yaelah malah ceramah.

Kalo kalian ngerasa iri sama yang punya privilege, buatlah privilege-mu sendiri. Mungkin akan memakan waktu yang lebih lama, tapi belum tentu juga yang punya privilege lebih giat. Bisa jadi mereka menggampangkan dan tidak terlalu berusaha, jadi mereka bisa dikalahkan dengan kamu yang sangat berusaha.

Sekedar tambahan, orangtua saya menciptakan privilege mereka sendiri. Selamat berusaha..

No comments:

Post a Comment