Thursday 14 November 2019

Don't Judge a Book by its Cover

Hai..
Mau saya ceritain cerita lucu yang nggak lucu?
Simak cerita di bawah ini..
FYI, ini bukan fiksi.

Dalam kehidupan sekolah, saya nggak diajak gaul sama anak-anak orang kaya, mungkin karena saya nggak kaya dan nggak suka ngikutin apa yang lagi trend pada masanya.

Pas awal kuliah, BB lagi hitz banget. Hape saya masih sony erricss*n sama n*kia tinut tinut. Tiap ada yang nanya pin BB saya berasa kayak orang yang lama hidup di goa. Pas tahun kedua mulai ada android, hape saya masih belom ganti. Jaman orang udah pake WA, saya masih pake SMS (sama blutut kalo mau kirim gambar..wkwkwkwk), pacar saya waktu itu sampe protes, pulsanya cepet habis kalo SMSan..wkwkwkwkwk..

Pas SMA lagi trend barang distro, dari ujung kepala sampe ujung kaki pake merek distro yang hitz. Saya nggak pake, soalnya selain mahal, nggak sesuai juga sama gaya saya. Tahun 2007 harga baju distro 200ribuan, tasnya 300ribu lebih, sepatunya lebih mahal lagi. FYI, orangtua saya cuma beliin baju kalo pas lebaran aja, jadi kalo saya pengen beli aneh-aneh, ya pake uang saku sendiri. Dari SMP saya udah dikasih uang saku bulanan sih, jadi kalo habis duluan ya mampus..wkwkwkwkwk.. Buat pacaran pun (iya, SMA udah pacaran dooong), saya nggak suka dibayar-bayarin, berasa utang budi aja. Misal dikasih kado pun, saya juga bakal beliin kado seharga itu. Makanya saya rada picky buat ngikutin sesuatu yang nggak saya banget. Pake duit bulanan cuy..

Pas SMP, anak gaul kekinian berbondong-bondong rebonding rambut sama pake asesoris warna-warni. Saya nggak minat rebonding karena takut rambut malah rusak, dan cuma pake jam tangan sporty. Kegaulan saya mentok di acara muda mudi radio, suka titip salam sama request lagu sesuai mood saat itu.

Pas SD saya disekolahin di sekolah swasta yang SPPnya saat itu aja udah 200ribuan. Orangtua saya sebenarnya sederhana, tapi pendidikan anaknya harus yang terbaik gitu.. Nah, jaman SD temen-temen saya pada pamer mainan happymeal dari mekdi, saya yang nggak pernah ke mekdi ini jadi terasingkan. Baru diajak gaul pas punya koleksi kertas binder adinata. Anak gaul SD jajannya chuba. Uang saku saya pas SD cuma 500rupiah, pengen banget beli chuba tapi mahal cuy, harganya 300rupiah, mana nggak kenyang, angin doang pula. Mending beli bakso, 500rupiah semangkuk.

Menurut kalian, dengan kehidupan sekolah saya, saya orangnya gimana?

Lucunya nih, pas ada saudara nikahan di Jakarta, orangtua saya rencananya nggak bisa dateng, ya saya aja lah yang berangkat, toh kemaren pas saya nikahan saudara saya ini juga dateng dan bantu-bantu juga. Jadi saya bareng sama saudara-saudara yang lain naik kereta ekonomi. Bolak balik mereka nanya, 'Nggak apa-apa ta naik kereta ekonomi? Tempat duduknya nggak empuk loh.. Nggak capek?' Yang mereka nggak tau, saya doyan travelling ala backpacker. Udah biasa kemana-kemana naek kereta ekonomi, naik bus, bahkan tidur di emperan toko pun pernah. Jadi ternyata saudara-saudara saya ini menganggap saya macam anak orang kaya yang high class, nggak mau gaul sama yang biasa-biasa aja, nggak bisa capek, nggak bisa panas-panasan..wkwkwkwkwk.. pantesan kok mereka kalo sama saya kayak ngasih jarak gitu loooh..lah saya bingung..saya pikir mereka nggak suka sama sifat saya apa gimana.. Jadi pas di kereta baru mereka tau saya sebenernya gimana.

Jadi adik-adik, jangan pernah menilai orang dari omongan orang lain, apalagi dari 'kayaknya'. Don't judge a book by its cover. Kamu harus baca dulu untuk bisa memahami. Memang cover juga penting, tapi bisa jadi cover yang menarik ternyata isinya biasa aja. Atau bahkan covernya biasa aja tapi isinya bikin nggak bosen baca berulang-ulang.

No comments:

Post a Comment