Thursday 2 August 2012

on time, please..

JARKOM!
Hari ini ada rapat jam 9.00 di xxx
Membahas tentang abcdefghijklmn
Mohon hadir dikarenakan agenda yang penting
Terima kasih.
Sebarkan.

Pesannya jam 9.00 kan? Tapi jam berapa biasanya kita datang? Jam 10? Jam 11? Atau jam 12? Idealnya sih mundur 1 jam dari jam awal. Nah, ini kebiasaan mahasiswa di kampus saya yang merugikan untuk sebagian orang, termasuk saya. Saya ini tipe orang yang paling nggak bisa nelat. Jadi kalo jam 9 mau ada acara ya jam 8 udah siap. Serius. Tapi apa daya, saya termasuk minoritas dalam hal ini.

Sebagian besar teman sekampus saya hobi nelat a.k.a ngaret. Saya juga nggak tau apa asiknya ngaret. Yang saya rasain waktu saya 'berusaha' ngaret ya perut saya jadi mules. Iya, mules. Saya kan kalo nunggu sesuatu jadi mules, termasuk nunggu waktu. Kebiasaan temen-temen saya ini jujur aja bikin  yang on time ini rugi. Rugi waktu, karena acara pasti semakin molor. Iya kalo nggak ada apa-apa, nah kalo ada acara lain gimana? Menurut saya, orang yang hobi ngaret ini orang yang egois. Dan sayangnya orang-orang yang egois ini mayoritas, jadi malah saya yang dibilang 'terlalu rajin'. Huahhh.... Kita nggak bisa terus-terusan membudayakan ngaret. Kenapa? Ngaret itu merugikan diri sendiri dan orang lain. Kalo buat orang lain ya itu tadi contohnya. Kalo buat diri sendiri efeknya:
a. Jadi kebiasaan buruk
Kalo dari kecil aja suka ngaret, ya ntar sampe gede sampe udah kerja ya susah memanajemen waktu. Waktu itu bukan hal yang sepele loh.. Time is money, guys.. Kalo kita buang-buang waktu ya sama aja kita buang-buang duit. Mau rugi? Ya monggo..
b. Dianggap kurang menghargai orang lain
Udah jelas kan, kalo kita janjian sama orang tapi kita nelat, ternyata orang tersebut udah datang tepat waktu, apa kita nggak malu? Dan nggak kerennya lagi, orang tersebut bakal ngecap kita 'nggak bisa menghargai orang lain'. Secantik-cantiknya kita, sekaya-kayanya kita, seganteng-gantengnya kita, kita nggak bakal dihargai orang lain kalo kita sendiri nggak bisa menghargai orang lain.
c. Susah sukses
Kenapa saya bilang susah sukses? Waktu menentukan keprofesionalan kita juga. Misal kita ada janji sama client, terus kita ngaret, ya client nggak bisa percaya sama kita, soalnya mereka mandang kita dari segi waktu aja udah nggak profesional, dari situ kualitas kerjaan kita langsung dipertanyakan.

See? Dari situ aja udah merugikan diri sendiri. Padahal yang saya tulis itu cuma beberapa loh.. Makanya, on time, please....

No comments:

Post a Comment