Thursday 20 February 2014

katalis

Hai..
Kalian tau apa itu katalis?
Waktu jaman SMA, di mata pelajaran kimia kita akan belajar yang namanya katalis. Katalis adalah senyawa yang mempercepat terjadinya reaksi kimia. Nah, dalam kehidupan sehari-hari, rupanya secara sadar maupun tak sadar, di sekitar kita banyak terdapat katalis. Mulai dari katalis lebih sukses, katalis cepet lulus, sampai katalis cepet putus...ehm.

Katalis biasanya masuk ke kehidupan kita, mempercepat kesadaran kita tumbuh melalui tamparan ataupun sanjungan manis. Katalis, membuat senang atau membuat sakit hati, tak dapat dipungkiri membuat logika kita berjalan lebih cepat, dari yang sebelumnya tertutup rasa hati yang mendominasi. Bangga, sayang, acuh, semua rasa hati yang membuat kita merasa nyaman akan sedikit ditepis oleh katalis.

Kita mendapat berita gembira dari sahabat kita yang dulunya hobi main poker sama kita, ternyata saat ini sudah memiliki bisnis kuliner yang cabangnya sudah tersebar di seluruh Indonesia. Nah kita? Masih jadi karyawan kantoran yang gitu-gitu aja. Nah, sahabat kita bisa menjadi katalis untuk kita jadi lebih giat bekerja, dan mendapat jabatan yang lebih tinggi. Ehem, nggak mau kan kalah sama sahabat? Heheheheee...

Kita merasa nyaman dengan status kita sebagai maba (mahasiswa basi) di kampus. Dengan status tua di kampus, kita enak aja ngebully atau ngecengin maba (mahasiswa baru) yang kece. Tapi lama-lama kampus jadi nggak asik, temen seangkatan udah pada cus. Lulus. Kita? Masih ada beberapa SKS yang masih harus kita tempuh. Teman-teman kita yang udah pada lulus bisa jadi katalis untuk memotivasi kita biar cepet lulus. Kasian juga orangtua kita di rumah kan, nungguin kita yang nggak lulus-lulus. Giliran kita guys, yang bantuin ortu kita. Cepet lulus yuk...

Kita selalu merasa hubungan kita sama pacar baik-baik saja, meskipun pacar nggak perhatian lagi, kita ngerasa biasa. Meskipun pacar nggak ngabarin lagi, kita selalu membenarkan dengan alasan pacar sibuk. Meskipun pacar udah mulai marah-marah nggak jelas, kita tetep meyakinkan diri kalo kita yang salah. Meskipun pacar mulai main tangan, kita tetep berpikir kalo ini emang salah kita. Terus ada orang baru yang bisa perhatian sama kita. Nah, orang baru ini bisa jadi katalis buat kita cepet putus sama pacar kita yang emang udah nggak waras lagi. Orang yang baru kenal aja bisa perhatian, ya masa pacar yang udah lama kenal jadi ngelunjak? Hih. Udah, kalo pacar mulai main tangan, mending putusin aja.. Pacar macem apa tuh? Cari yang waras!*Loh, malah emosi sendiri.. Hahahahaaa..

Iya, yang namanya katalis emang sifatnya mempercepat. Eits, tapi nggak semua katalis mempercepat untuk menjadi baik loh ya.. Nggak dikit katalis yang bisa bikin kita jadi nggak baik. Katalis mempercepat logika kita untuk berpikir. Menyapu rasa nyaman hati yang bikin kita takut maju. Ya, emang kita butuh katalis, tamparan untuk bisa maju menjadi pribadi yang lebih baik.

5 comments:

  1. klo mak combalng bisa di kategorikan katalis ga?
    kan fungsinya sama-sama mempercepat reaksi hubungan :)

    ReplyDelete
  2. Katalis itu menpercepat suatu reaksi ya? Baru denger malah gue kata katalis. Suram bgt.

    Dari penjelasan itu, gue sedikit paham tentang katalis. Tapi katalis harus bisa di manage. Kenapa? Karena klo menjurus ke arah yang negatif sangat berbahaya. Harus tetap di manage agar mampu membuat kit menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  3. katalis itu berdampak positif atau negatif gak si?? gimana tuh cara kita nanggepin katalis ini permaisuri ?

    ngakak aku baca Maba yg artinya mahasiswa basi. ckck singkatan baru tuh hhe. aduh pacaran udh main2 tangan aja, baru jadi pacar tuh. udh gitu putusin ajaa

    ReplyDelete
  4. Anu.. haha.. ya gimana ya..... pernah didekati cowok pas lagi galau ama pacar *tapi gak pake main tangan, main hati wkwk* dan itu emang katalis banget. hahaha...

    ReplyDelete
  5. Katalis? Hahaha ... ada nih,ada nih temen yang kayak gini. Dia udah punya karya duluan dan aku belum. Dia punya pacar duluan dan aku belum. Sekarang dia udah nikah dan ngedorong aku buat buruan nikah. Hahaha ... aamiin ya rabbal alamiin.

    Tapi bener. Ada aja katalis yang baik dan ada juga yang bikin kita jadi mumet sendiri. Ujung ujungnya, pintar milih teman itu perlu.

    ReplyDelete