Thursday 30 August 2012

Tips putus baik-baik

Kemaren saya dapet SMS dari sahabat saya. 'To, pacarku ada dua.'. Hah? Saya langsung syok. Lah gimana nggak syok, kapan hari waktu ketemu, dia bilang kalo dia pengen putus sama pacarnya, tapi putusnya baik-baik. Lah gimana bisa putus baik-baik kalo udah pacaran sama yang laen sebelum putus??!*sewot*.

Bagaimana cara menyelesaikan cinta segitiga? Kurangi salah satu sisinya

Sesuai sama twitnya Mario Teguh yang pernah saya baca, ya saya bilang sama sahabat saya kalo dia harus milih salah satu. Pacar pertama, apa pacar kedua. Dia lebih milih sama pacar kedua, soalnya udah nggak betah sama pacar pertamanya. Then, ini nih yang saya paling males 'To, terus gimana ya caranya aku mutusin dia?'. Baiklah, saya akan share cara jitu putus baik-baik (meskipun susahnya bagai terjerumus di lembah singa#apasih).Tinggal milih mau kita yang mutusin atau pacar yang mutusin. Here we go.. jeng..jeng..jeng...(padahal nggak penting)

Kalo pengen pacar yang mutusin..
1. Kurangi komunikasi
Ia, kurangi intensitas komunikasi sama pacar secara perlahan tapi pasti. Misal biasanya tiap pagi telponan sama pacar, sepanjang siang SMSan, malem kencan sama pacar, bisa dikurangi pelan-pelan dari kalo malem udah jarang bisa ketemuan gara-gara mangkal di lampu merah, pagi udah nggak bisa telpon gara-gara hape kecemplung empang, siang nggak bisa SMSan gara-gara jempol cedutan.. Ya, semacam itu lah. Semakin jarang kita berkomunikasi sama pacar, pacar semakin resah dan gelisah.

2. Sok sibuk
Ikut ini itu nggak ada habisnya sampe habis juga waktu buat pacar. Kalo pacar negur ya bilang aja 'ya gimana lagi, sayang..emang jadwal aku akhir-akhir ini padet banget..mulai dari ini...blablabla'. Sebutin sampe pacar bosen, dan ujung-ujungnya bilang 'tolong ngertiin akuuuuhh'. Pasti bikin pacar sebel.

3. Bersikap menyebalkan
Jadi menyebalkan buat sejenak. Misal jadi sering ngomel-ngomel->alasannya PMS(kalo cowok jangan pake alesan ini..percaya sama saya..jangan), sering telat pas nge-date, marah-marah berlebihan kalo pacar bikin salah, sok innocent kalo kita yang bikin salah->terus bilang 'kok marah sih sayang? kan aku udah minta maaf', banyak deh...

4. Tunggu waktunya saat dia udah mulai capek sama kamu
Tenang aja, biasanya kalo pacar mutusin itu ada embel-embel 'mending kita temenan aja' kok.. 

Kita yang mutusin
Kalo kita yang mutusin ini gede sih resikonya, bisa-bisa pacar ngambek, marah, nangis 7 hari 7 malem, atau yang paling ekstrim bunuh diri(amit-amit deh jangan sampe). Pacar bisa aja dendam terus nyumpahin kita sama hal yang nggak-nggak. Pacar biasanya sakit hati terus udah males buat sekedar ketemu. Tapi saya tetep kasih tau caranya dan alasan yang lumayan oke buat mutusin pacar.

1. Mutusin via media (contoh: via SMS, telpon, atau jejaring sosial)
Ini cara mutusin yang sama sekali nggak oke dan ggak gentle. Saya paling anti mutusin dengan cara kayak gini, kecuali untuk beberapa sebab (contoh:jaraknya jauh, saya ada di Aceh pacar di Papua, ngapain jauh-jauh pergi kalo cuma buat mutusin? Buang-buang duit aja). Disini enaknya kita nggak perlu lihat ekspresi pacar yang bisa bikin kita mengurungkan niat buat mutusin. Kita bisa langsung ngomong to the point dan mak JLEB! tanpa harus melihat ekspresi pacar yang seolah-olah bilang 'kenapa? KENAPPAAAAAHHH???'

2. Mutusin face to face
Saya lebih suka cara ini. Lebih gentle dan lebih beresiko. Heheheee....kita jadi bisa lihat ekspresi pacar secara langsung, dan otomatis kita harus memilah dan memilih kata-kata yang tepat biar pacar nggak nangis. Dan susahnya lagi kalo pacar itu tipe orang yang nggak terima.an. Pasti bilang 'Loh kenapa? Oke, aku janji nggak bakal nyakitin kamu lagi bla bla bla' yang bikin kita mikir 2x buat putus. Well, kalo saya sih putus ya putus aja, jadi saya bilang 'gimana hubungan bisa berjalan kalo rasa aja udah nggak ada?' nangis ya nangis aja, kan ntar bisa kita deketin terus kita pukpuk sambil bilang 'Banyak yang lebih baik dari aku. Kamu pantes dapet yang lebih baik.'. Hahahaaa....standar ya? Biarin...hehehehehe

Alasannya...
1. Lagi pengen fokus
Misal fokus belajar soalnya mau UN, fokus cari duit dulu, dan fokus-fokus lainnya.
2. Susah LDR->kalo LDR.
3. Jujur aja kalo udah nggak ada rasa.
4. Dan lain-lain->lagi males mikir. Hehehehee

Buat kasus sahabat saya itu, buat 2-3bulan pacarannya diem-diem dulu aja, baru deh setelah itu terserah mau koar-koar apa nggak. Itung-itung buat meminimalisasi sakit hati mantan lah...meskipun saya tau putus baik-baik itu susah..heheheee...
Apapun yang terjadi, setelah putus usahakan tetep baik sama mantan, jangan biarkan ada kata-kata 'cinta yang membuat kita dekat, tapi cinta juga yang bisa membuat kita jauh.'. Plis, jangan alay, jangan lebay..

Sekian tips kurang penting dari saya. Semoga bermanfaat. Hehehehee..

3 comments: