Saturday 22 December 2012

selamat hari ibu

Selamat hari ibu...
Wah, nggak kebayang deh kalo suatu saat nanti saya jadi ibu.. Ngandung 9 bulan, ngerasain gimana sakitnya melahirkan, bangun tengah malem gara-gara anak rewel, ngganti popok anak, nyuapin, mandiin, ahhh...rasanya susah bener ya jadi ibu? Sampe sekarang saya masih belom siap deh kalo saya harus ngelewatin semua itu. Untungnya saya masih belom ada bayangan nikah buat waktu deket ini, apalagi buat kawin-___-". Ada sih, range waktu buat nikah ntar, tapi nggak dalam satu tahun ini. Hohooo....

Sekarang umur saya 20 tahun, berarti ibu saya udah sekitar 21 tahunan yah jagain saya. Saya masih inget dulu ibu saya sering marahin saya gara-gara kebanyakan maen. Waktunya boci (bobok ciang), eh saya malah keluyuran maen sama temen-temen. Waktu ujan, nggak boleh ujan-ujan soalnya ibu takut saya sakit, eh gara-gara liat temen-temen pada ujan-ujanan saya jadi ikutan. Udah dibilangin kalo cewek nggak boleh manjat pohon, eh saya malah belajar manjat. Nakal banget rasanya. Dulu itu kalo ibu marah, saya dipukul, terus saya nangis, terus dimandiin, terus dielus-elus. Ini kok saya jadi berasa kayak kucing ya-___-".

Dari kecil sampe besar, yang saya rasain tentang ibu bener-bener beda. Waktu jaman kecil dulu, saya bener-bener takut sama ibu. Kalo ada apa-apa, nggak mau cerita. Takut dimarahin sih. Tambah gede, saya jadi ngerasa tambah deket sama ibu. Saya nggak tau sejak kapan saya udah mulai terbuka sama ibu, cerita-cerita banyak hal, dan menghabiskan banyak waktu di rumah. Padahal sebelumnya saya paling males di rumah. Rasanya pengen pergi jauuuuh gitu, soalnya dulu saya ngerasa dikekang aja dalem rumah, bahkan dulu saya pengen kuliah di luar Jawa Timur biar bisa jauh dari keluarga. Tapi sekarang saya bersyukur bisa kuliah di Surabaya. Deket keluarga. Walaupun tiap hari selalu ditelpon sama ibu-___-".


Saya nggak tau apa yang harus saya lakukan buat orang tua saya ngerti gimana sayangnya saya sama mereka. Buat sekedar ngomong aja berat. Ya, saya cuma bisa diam. Saya cuma bisa bilang sayang lewat prestasi saya yang tidak begitu membanggakan. Ehm, standar gitu maksudnya. Yang bisa saya lakukan hanya mendoakan di setiap sholat dan berusaha tidak mengecewakan mereka. Dan saya yakin, pasti saya bakal bertanya-tanya kalo ibu saya dalam satu hari nggak telpon saya sama sekali-___-".Waktu ibu sakit dulu, saya bener-bener nggak tau harus bagaimana. Lidah sudah kelu, badan rasanya kaku. Saya nggak tau. Ya, yang bisa saya lakukan hanya berdoa pada Tuhan. Meminta kesembuhan untuk ibu, dan alhamdulillah ibu sudah sehat sekarang\'o'/

Dan kemarin ibu saya SMS
Anakku, tak terhingga doa yang ibu panjatkan kepadaNya untuk kalian, agar kalian sehat, kuat, cerdas, sholeh, berhasil, bahagia, dan dicintai Allah..

Di tengah rasa khawatir ibu yang dalam, ibu berdoa, rasanya tidak ada sedetikpun waktu yang terbebas dari rasa khawatir ibu terhadap hidup kalian, yang bisa ibu lakukan hanya berdoa dan berusaha jadi orangtua terbaik untuk kalian..

Anakku, sering ibu mengenang hidup masa lalu, ibu bandingkan dengan hidup ibu sekarang, bukannya ibu tak percaya pada kasih sayang Allah, tapi kenyataannya ibu selalu khawatir, anakku.. Tolong tentramkan hati ibu dengan akhlak mulia kalian, buat hati ibu bangga dengan ibadah dan iman kalian, buat ibu gembira dengan ilmu dan amal sholeh kalian, ringankan mata dan pendengaran ibu dengan pergaulan indah dan sholeh kalian..

Anakku, bila suatu saat  ibu sakit dan tidak mampu urus diri sendiri, rawatlah ibu dengan penuh kasih sayang,. Dan bila ibu dipanggil Allah nanti, rawatlah jenazah ibu dengan ikhlas seperti ibu rawat kalian ketika bayi dulu. Dan setelah ibu dimakamkan, anugerahkan hadiah besar untuk ibu dalam bentuk doa dan kekhusyukan ibadah. Semoga Allah mengabulkan harapan dan anganku ini.

Nyampe rumah, adek saya tanya 'Mbak, dapet SMS dari ibu?'. Saya mengangguk. Adek saya tanya lagi 'Mbak bales apa? Aku tak baales "paling SMS forward.an".'. Saya jawab 'Enggak, nggak tak bales.'.

Iya, emang nggak saya bales. Saya nggak tau harus merespon seperti apa. Hanya dalam hati saya menjawab 'Yes mom, i'll make you proud.'

6 comments:

  1. kalo ibu yang sms seperti itu, jadi ceritanya selamat hari anak dong...

    beruntungnya islam meletakkan ibu pada posisi teratass...

    ReplyDelete
    Replies
    1. SMSnya 2hari yang lalu-,-".makanya,aku ya heran tiba-tiba ibu SMS

      Delete
  2. pengen mewek bacanya. Tisu mana tisuuu.

    Yg jelas, cuma dari kasih sayang ibu, kita bisa makan enak setiap hari. Ah ibu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. *pukpuk*
      iya, sejak kuliah jadi nggak bisa makan enak tiap hari-,-"

      Delete
  3. Ibunya 21 tahun ? Hahaha kawin muda berarti ?
    Bagaimanapun marahnya Ibu terhadap kita, ia pasti bertujuan untuk menyayangi dan membuat kita bahagia.

    Selamat hari Ibu !

    Gue ada artwork nih, kalau berkenan monggo mampir dan dikomentari :) Thanks !

    ReplyDelete
    Replies
    1. -___-"plis,yang 21 tahun itu lamanya ibu ngerawat akuuu...9bulan di kandungan, 20tahun lebih di dunia..oke oke cus langsung ke TKP

      Delete