Tuesday 28 October 2014

pelajaran dari jaga stand

Hai..
Seminggu kemaren saya ngisi siang hari saya dengan jaga stand bazaar produk yang saya admin-in di salah satu mall di Surabaya. Di situ saya banyak banget belajar. Well, seorang saya jaga stand, bantu jualin dagangan orang. Kedengarannya kayak agak kurang masuk akal, fresh graduate dari PTN terkemuka dengan IPK di atas rata-rata yang latar ekonominya berkecukupan tiba-tiba jadi penjaga stand. Temen-temen saya aja banyak yang nggak percaya, banyak yang mengernyitkan jidat. Tanya, apa saya se-desperate itu sampe-sampe saya kerja jagain stand bazaar -_____-".

Saya sebagai mimin yang baik dan suka menolong, kebetulan diminta bantu jagain stand bazaar emang, dan saya yang belom dapet kerjaan pokok ya nggak mempermasalahkan. Asal cuma sampe sore. Well, saya kan ada jam malem toh. Yes, setua ini masih ada jam malem, jam 8 malem saya harus udah nyampe rumah -,-" kecuali ada ijin tertentu.. heheheheeee..

Jagain stand juga bantu kerjaan saya sebagai admin instagram kok, jadi saya punya bahan baru buat postingan. Di sana, saya juga bahagia, soalnya banyak yang ngira saya baru lulus SMA. Hahahahaa.. Usut punya usut, di bazaar ini saya nemuin gimana kehidupan yang kompleks. Gimana pengennya seorang lulusan SMA kuliah tapi nggak ada dana, yang akhirnya cari kerjaan serabutan, yang penting bisa buat makan dan tempat tinggal. Pernikahan dini, perceraian, kerjaan yang gajinya sangat nggak sesuai dengan apa yang dikerjakan, dan seorang ibu yang harus melepas anaknya untuk diadopsi orang lain karena nggak mampu menghidupi anaknya. Di sini, saya berulang kali bersyukur.

Di sisi lain, saya juga belajar gimana berbisnis. Memang, bisnis itu nggak kenal gengsi. Kalo gengsi, ya jangan bisnis. Di bazaar ini, nggak sedikit kok para owner juga ikutan jaga dari pagi sampe malem. Dari owner produk saya ini juga, saya belajar promosi. Gimana saya harus berani berkorban sedikit untuk mendapat lebih banyak. Heheheheee. Hasilnya lumayan looooh...

Btw, inget kan saya mau bikin sepatu? Contohnya udah jadi, belom saya pasarin soalnya saya mau coba dulu, kalo enak dipake ya saya jual, kalo enggak ya saya cari vendor lain. Nah, salah satu contohnya selama seminggu saya pake, enak banget.. Hahahhaaa.. Worth lah untuk harga yang mau saya pasang. Sayangnya, sepatu itu nemenin saya di kecelakaan motor. Yes, saya jatuh, sepatu saya lecet T T, nggak rusak sih, tapi kulit luarnya kan kegesek-gesek gitu, jadi jelek. Padahal sepatunya enak dipake T T. Yaudah sih, saya mau coba jenis sepatu lainnya dulu. Saya udah bilang kan, saya nggak mau setengah-setengah kalo bikin sepatu. Harus bener-bener oke. Heheheee.. doain saya yaa.. Makasih.. :*

No comments:

Post a Comment