Friday 17 October 2014

tentang hidup 2

Hai..
Tau nggak kenapa akhirnya saya memutuskan buat daftar CPNS setelah saya bilang saya paling nggak mau kalo saya jadi PNS sebelum saya punya anak dan anak saya udah bisa ditinggal?
Kalo ditanya, saya biasa jawab kalo saya males aja denger omelannya orangtua saya tiap hari. Hehehehee.. Ya itu emang bener.. Tapi alasan sebenernya bukan itu.

Saya itu orangnya keras kepala yang mengagungkan kata 'pokoknya'. Pokoknya saya pengen ini, pokoknya saya pengen yang kayak gitu. Tapi hati saya ini nggak sekeras kepala saya. Saya tau orangtua saya mendoakan kesuksesan saya, mendoakan supaya saya jadi orang yang berbakti, sholihah, dan membanggakan keluarga. Mendoakan saya selalu mendapatkan yang terbaik. Bahkan nggak jarang bapak saya sholat malam buat kelancaran urusan saya. Jadi saya mikir, apa salahnya kalo saya nyoba? Entah besok bakal keterima atau enggak, dan meskipun saya berharap nggak keterima, tapi paling enggak saya nyoba. Itu aja udah bikin orangtua saya seneng banget loh. Kenapa? Soalnya paling enggak saya punya kesempatan. Saya mau melihat kesempatan dan kemudian membuka jalannya.

Well, ngomongin kesempatan, banyak orang yang pesimis, terlalu meratapi nasib karena merasa dirinya tidak pernah punya kesempatan. Nggak sedikit yang mencela kalo hidup ini tak seindah apa yang terlihat. Ya memang. Hidup memang tak seindah yang terlihat, makanya jalani, jangan cuma dilihat. Rasakan gejolaknya dan temukan solusinya. Tapi untuk kesempatan, kesempatan itu selalu ada, tinggal kita yang mau melihat atau memilih untuk menutup mata.

Sebenernya, orangtua saya ini merupakan salah satu alasan saya untuk hidup. Kehidupan saya yang datar-datar aja ini jadi lebih berwarna karena keinginan orangtua saya yang sering tak sejalan dengan apa yang saya ingin. Tapi ya di situ tantangannya, saya sering berusaha mengombinasikan keinginan saya sama keinginan orangtua saya. Udah tau belom kalo saya mau kuliah S2, saya pengen ambil jurusan psikologi aja. Tapi kalo tiba-tiba saya ambil ilmu kepelabuhanan, jangan kaget ya :D

Hidup memang seperti itu, nggak pernah kita bisa tau apa yang terjadi di depan. Hidup saya ini udah jungkir balik nggak karuan, nggak jarang kalo saya akhirnya milih jalan yang sebelumnya saya pilih. Well, hidup kan memang pilihan, tapi kita harus punya alasan kenapa memilih jalan tersebut. Kenapa? Untuk bertahan.

No comments:

Post a Comment