Monday, 3 September 2012

ilmu dari kuliah statistik

Hari ini hari pertama saya kuliah...semester 5. Heheheheee.... Well, dengan wajah yang masih imut gini banyak sih yang nggak percaya kalo umur saya udah 20-,-". Banyak yang ngira saya masih SMA loh... Hohohohohohooo.... Saya sih seneng-seneng aja, wajah muda membawa berkah sih. Saya jadi kecipratan angpao lebaran kemaren. Hihihiiii.... Balik lagi ke topik, hari ini udah mulai pelajaran gitu, meskipun dari jatah  waktu kuliah 2jam yang kepake tadi cuma 30menit aja. Tapi bermanfaat loh...

Jadi ceritanya tadi saya kuliah Statistika Rekayasa. Kata dosen saya, kita semua itu butuh belajar statistik. Kenapa? Karena nggak ada yang bener-bener pasti di dunia ini. Kita selalu dihadapkan pada suatu keadaan dimana kita harus memilih. Kita harus bisa mengambil keputusan yang menghasilkan keuntungan sebesar-besarnya dan meminimumkan kerugian. Iya, hidup ini tentang pilihan. Nggak cuma ombak, temperatur, atau kecepatan angin saja yang nggak pasti. Begitu juga dengan bisnis, hujan, dan cinta. Sama-sama nggak pasti. Sama-sama nggak bisa diprediksi. Malam ini mau kencan. Galau mau bawa payung apa nggak. Kalo bawa payung resikonya berat dan kita kesusahan bawanya. Kalo nggak bawa payung resikonya basah kehujanan. Belum tentu juga malam ini hujan. Ya, kita memang mudah digalaukan dengan hal-hal sepele. Sama aja kayak bisnis yang bisa rugi, bisa untung, atau bisa jadi tetep jalan di tempat. Emang nggak pasti. Sama juga kayak cinta. Nggak pasti.

Buat menghadapi ketidakpastian itu kita butuh yang namanya plan. Rencana. Kalo bisa sih dari A sampe Z. Jangan sampe kalah sama plankton yang punya rencana A sampe Z buat nyuri krebipeti. Rencanakan apa yang bakal kita lakuin kalo kita berhasil, atau kalo kita gagal. Ya, semua harus direncanakan. Kenapa? Ya biar gampang move on dong. Emang patah hati aja yang harus move on?

Sampe saya nulis ini, saya berusaha membuat rencana hidup saya. Keluarga, karir, cinta, dan yang saya sedang jalani sekarang, kuliah. Saya nggak mau digalaukan sama hal-hal yang seharusnya nggak menyita banyak pikiran dan tenaga saya. Hidup emang penuh sama ketidakpastian, makanya kita harus punya pandangan yang luas biar nggak gampang ditipu. Biar nggak gampang diakali sama nasib.

Sekian postingan saya, semoga bermanfaat^.~

3 comments:

  1. bpk prof. Mukthasor ya yg ngajar?
    beliau emang super

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia, kalo yang ini dari prof mukhtasor

      Delete
  2. yg aku suka ada nilai yg km ambil dari plankton nyolong resep krebipeti.. hahaha

    ReplyDelete