Sunday 2 September 2012

tulis tulis tulis

Buat yang sering baca blog saya, pasti hafal gaya nulis saya yang seenak-jidat. Ya memang saya sedikit menyalahgunakan blog buat tempat saya curhat sih. Hihihihiii... Nah, kapan hari ada temen saya yang minta pendapat saya tentang cerpen yang dia buat. Hmm...pasti banyak yang mikir ya kalo temen saya minta pendapat sama orang yang salah? Hehehehee.... Ya, emang sih, tampang saya meragukan. Tapi kata beberapa temen saya, saya ini termasuk komentator yang bagus loh.. Objektif, katanya. Iya, soalnya saya suka baca. Baca apa aja, yang penting bukan bacaan mikir (eh, itu bukan apa aja ya namanya -,-").

Ngomong-ngomong soal tulis menulis, dalam hal tulis menulis pasti ada yang namanya gaya bahasa kan? Nah, menurut saya gaya bahasa ini ada levelnya. Berhubung saya cuma pernah nulis blog, diary, cerpen, cerbung, novel (masih belom kelar-kelar sejak 5 tahun lalu. Iya, 5 tahun lalu.), puisi, pantun, sama surat, saya mau mengurutkan nulis yang paling susah sampe paling gampang menurut saya. Dari yang paling susah sampe yang paling gampang.

1. Puisi
Ini saya sering puyeng kalo disuruh bikin puisi. Ya saya bukan manusia puitis gitu. Udah gitu kosa kata saya ya cuma itu itu aja. Hihihiii... Puisi kan biasanya pake kata-kata yang bersinonim sama apa yang kita maksud tapi jatuhnya lebih bagus. Jadi kalo pengen bikin puisi yang bagus ya sering-sering buka KBBI aja, terus padu padan kata-katanya yang indah. Pasti jadinya so sweet...

2. Novel
Bikin novel itu susah, buktinya saya nulis novel 5 taun belom kelar-kelar juga. Oke, sebenernya saya yang males ngerjain, sih.. Hihihihii... Tapi menurut saya bikin novel ini lebih gampang daripada bikin puisi. Gaya bahasanya bisa kita sesuaikan sama target pembaca kita. Misal target pembacanya remaja, ya kita pake gaya bahasa yang fun dan nggak membosankan. Tapi susahnya bikin novel ini lamaaaa.... Ngetiknya banyaaakkk... Dan bikin suntuk kalo kita udah buntu ide. Harus jalan-jalan dulu, makan-makan dulu, tidur-tiduran dulu, sampe akhirnya lupa kalo kita lagi bikin novel-,-"<--pengalaman pribadi. Susahnya lagi, kita harus bikin alur cerita yang menarik (gampang ditebak nggak apa-apa, yang penting isinya bagus) biar pembaca mau baca novel kita sampe habis. Udah gitu setting tempat, suasana, sama karakter di novel itu lebih banyak, jadilah saya sering-sering nge-mall sendirian, makan di futkort sendirian, nonton bioskop sendirian, demi mencari pencerahan buat nambah-nambahin konten novel-->ini alibi. Aslinya emang nggak ada temen yang mau diajak-,-"ngenes

3. Cerbung
Hampir sama sih sama bikin novel. Cuma kita harus membuka dengan baik biar pembaca nggak males baca, dan menutup dengan baik juga biar pembaca penasaran sama cerita selanjutnya.

4. Surat
Surat apa dulu nih? Kalo surat resmi biasanya udah ada contohnya, tinggal ngopy terus ngedit-ngedit dikit-->males. Kalo surat pribadi....huwoooow, itu bingung nulisnya. Ngawalin galau, ngomong apa galau, nutupnya galau, udah gitu selesai nulis juga galau gimana ngasihnya, udah ngasih juga galau nunggu balesannya. Ckckckckck...serba galau. Ya saya pernah sih nulis surat pribadi jaman-jaman SD saya. Hahahahaaa...kalo dipikir-pikir cupu banget waktu itu. Oia, kalo nulis surat pribadi ini juga liat-liat dulu kepada siapa surat itu ditujukan. Gaya bahasa menyesuaikan.

5. Pantun
Ini mah ngasal nggak apa-apa, yang penting belakangnya sama. Hehehehee... Pantun kan biasanya a-b-a-b toh..a-b pertama kan bisa ngasal, a-b kedua baru menyampaikan maksud. Belakangnya a pertama sama kayak a kedua, belakangnya b pertama sama kayak b kedua. Nah yang gampang kita bikin a-b kedua dulu, baru bikin a-b pertama.
misal:
Jalan-jalan ke kota Blitar
Di perjalanan ketemu pak tani
Kalo kamu pengen pintar
Silahkan baca blog ini

^.~Hahahaaa...numpang promosi. Eh tapi blog saya ini nggak bikin pinter sih. Heheheehee

6. Blog
Huahahahahaha...kalo saya sih semena-mena sama blog saya ini. Suka saya bikin tempat curhat. Hohohooo... Jadi pernah ada orang yang ngomentarin blog saya, katanya kontennya kurang bagus lah, kurang bermanfaat lah, bahasanya kurang ditata lah, pusing bacanya lah, dan lain-lain. Ya itu semua saya jadikan masukan buat saya. Jadi saya ucapkan terima kasih buat komentator-komentator blog saya. Tanpa kalian blog saya nggak bakal sebagus ini (padahal ini aja masih nggak bagus -,-"). Well, kalo menurut saya sih, ya suka-suka kita aja mau nulis apa dan dengan gaya bahasa seperti apa, yang perlu kita ingat cuma ada orang lain yang membaca tulisan kita. Nah, dari itu ada yang namanya etika. Kita boleh nulis apa aja, yang penting jangan menyakiti orang lain dan tulisan kita masih 'wajar'. Hehehehehee... Kalo masalah gaya nulis, tiap orang punya sendiri-sendiri kan?

7. Diary
Ya kalo ini sih suka-suka kita aja. Kita bebas. Toh itu milik pribadi. Yang bahaya ya kalo ada yang baca diary kita, dan orang itu pas kita jelek-jelekin di diary kita. Hohohooo...

Wokeeee....sekian tulisan saya yang kurang penting ini.. Semoga bermanfaat^,~

No comments:

Post a Comment