Wednesday 13 February 2013

aturan, musti diturutin apa dilanggar?

Dalam hidup, kita pasti batasi oleh yang namanya aturan. Aturan lalu lintas, aturan sekolah, aturan berpakaian, sampai aturan makan. Buat beberapa orang, aturan memang sekedar aturan yang nggak haram buat dilanggar, tapi ada juga kok yang patuh pada peraturan yang udah ditetapkan.

Well, jujur aja saya tipe orang yang 'pro' dengan peraturan. Aturan ya buat dipenuhi, bukan dilanggar. Tapi ya saya pernah sih ngelanggar-ngelanggar dikit.. Heheheheheee... Menurut saya, orang yang 'kontra' dengan aturan itu biasanya orang yang ingin kebebasan atau orang yang kurang setuju dengan dibuatnya peraturan itu. 

Guys, kita semua emang butuh kebebasan, bahkan kita punya hak asasi manusia untuk bebas. Tapi ingat, hak asasi manusia itu ada batasnya, yaitu hak asasi manusia lain. Contohnya nih, kenapa sih kita nggak boleh membunuh? Well, misal kita dalam bahaya, kita kan punya hak buat melindungi diri, tapi orang yang membuat kita berada dalam bahaya itu juga punya hak buat hidup. Mudeng nggak sih? Heheeheehee..

Guys, kita emang mungkin beda pendapat, tapi percayalah kalo aturan yang dibuat itu untuk kebaikan kita sendiri. Nggak sepatutnya kita langgar. Well, kita udah sama-sama dewasa kan? Harusnya kita tau lah mana yang bener, mana yang salah. Nggak cuma tau aja sih, tapi juga melaksanakan yang benar dan menghindari yang salah. Udah tau salah, tetep aja dilakuin. Ckckckck... itu sama kayak punya otak tapi nggak dipake. *ehem, kasar.. baiklah*kembali elegan*

Kenapa sih kita harus nurutin peraturan?
1. Aturan itu baik.
Kenapa kita nggak boleh buang sampah sembarangan? Biar nggak banjir.
Kenapa kita harus berhenti waktu lampu merah? Biar nggak kecelakaan.
Kenapa kita nggak boleh tidur-tiduran saat jam kerja? Biar nggak dipecat sama bos.
Kenapa kita nggak boleh pake baju renang ketika kuliah? Biar yang laen nggak salah fokus.
See? Tiap peraturan itu pasti mengandung kebaikan kalo kita mau melihat lebih dekat, kayak lagunya sherina..'lihat segalanya lebih dekat, dan kau akan mengerti.'

2. Menjadi contoh masyarakat
Well, saya sebagai mahasiswa punya beban moral yang bisa dibilang besar terhadap masyarakat. Kita ini percontohan, cermin Indonesia. Kalo mahasiswanya cerdas kan Indonesia dipandang cerdas, kalo mahasiswanya suka demo sampe ngerusak-ngerusak kan Indonesia dicap anarki, kalo mahasiswanya males nurutin aturan ya Indonesia bakal dicap 'kurang berpendidikan'. Berpendidikan atau enggaknya kita sebenernya bukan dinilai dari seberapa tinggi level pendidikan kita. S3 sekalipun, kalo kita nggak punya etika, nggak mampu mematuhi peraturan, kita dibilang 'kurang berpendidikan'. Mahasiswa itu penggerak, motornya masyarakat. Kalo mahasiswa baik kan masyarakat bisa ketularan baik. Yuk mulai sekarang kita contohkan yang baik-baik.

3. Melatih diri biar lebih baik
Dengan adanya aturan, kita dibiasakan untuk bersikap yang baik-baik. Kalo udah biasa kan orang kalo liat kita jadi enak, bukan jadi sebel. Apalagi kalo aturan budaya, kalo kita nggak nurut kan bisa-bisa disumpahin sama yang sepuh-sepuh. Gini deh, misal kita masih sekolah aja udah suka ngelanggar peraturan, gimana kalo udah kuliah? Gimana kalo udah kerja? Bisa-bisa kalo nggak membiasakan diri nurut sama peraturan ntar kita dipecat. Sedih kan.

Buat saya, ngelanggar peraturan itu nggak masalah, asalkan efek yang ditimbulkan itu baik, untuk diri kita sendiri maupun orang lain.

Ada lagi, kalo kita pengen membawa perubahan pada bangsa ini, ya contohkan. Lakukan. Mulai dari yang kecil sekalipun. Jangan pernah menyalahkan bangsa ini kalo dari diri kalian sendiri belum melakukan apa-apa. Jangan pernah menuntut sesuatu yang kalian sendiri nggak bisa lakukan. Eh, kok jadi nggak nyambung ya? Heheheheee...

4 comments:

  1. peraturan ada untuk dilanggar.
    ya memang begitulah kenyataannya.
    sebagik apapun peraturan jika tidak ada yang melanggar maka aturan tersebut tidak berlaku :)

    ReplyDelete
  2. Aturan dilanggar atau tidak kan tergantung aturannya seperti apa. Kalau aturannya nggak boleh comment di tulisanmu ini, saya telah melanggarnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaaa...iya, aturan boleh dilanggar kalo pelanggaran itu nggak merugikan siapapun

      Delete