Wednesday, 23 January 2013

tipe-tipe dosen

Well, karena saya lagi sebel sama dosen, di PHPin terus, jadi saya pengen mengklasifikasi tipe-tipe dosen nih. Buat yang kuliah, yang mau kuliah, atau bahkan yang udah diwisuda, nggak ada salahnya baca yang satu ini.

1. Dosen Berdasarkan Waktu Kedatangan
a. Dosen Kerajinan
Tipe dosen ini sepertinya terlalu berdedikasi terhadap pendidikan di Indonesia. Saking berdedikasinya, jadwal kuliahnya jam 10, eh Pak Dosen yang ganteng dan unyu-unyu datengnya jam 9. Jelas kelas sepi kaaaan? Nah, gitu kadang bapaknya nyalahin mahasiswanya-,-", mahasiswanya cuma bisa melongo.

b. Dosen On-Time
Suka deh sama dosen kayak gini. Datengnya selalu on-time. Jadi mahasiswanya nggak perlu nunggu lama-lama penuh ketidakpastian. Biasanya dosen kayak gini bikin perjanjian sama mahasiswanya. Kalo mahasiswa telat 15 menit, mahasiswa nggak boleh masuk. Kalo 15 menit dosen nggak dateng-dateng, mahasiswa boleh pulang. Hiyey! Tapi berhubung kita mahasiswa yang unyu, kadang kita rela kok nunggu dosennya. Apalagi kalo dosennya ganteng*ehm.

c. Dosen Molor
Dosen tipe ini kayaknya kebanyakan jadwal. Jadi kalo jadwal kuliah jam 10, beliau baru dateng jam 11. Terus baru 1,5 jam ngajar ada mahasiswa yang ijin keluar buat kuliah berikutnya. Terus Pak Dosen dengan polosnya tanya 'Loh, ini kuliahnya mulai jam berapa?'. Kalo dalam hal asistensi, janjiannya jam 8 pagi, bapaknya baru dateng jam 4 sore. Iya, jam 4SORE! Bayangin berapa banyak waktu saya kebuang cuma buat nungguin Pak Dosen yang unyu itu? #SABAAAAARRRRR

d. Dosen PHP
Ini tipe dosen paling nyebeeeeeliiiin sepanjang masa. Lebih nyebelin daripada Dosen Molor. Kalo kuliah, 'Iya, tunggu saya sebentar. Sebentar lagi saya sampai.'. Ditungguin 2 jam, bapaknya SMS 'Maaf, kuliah ditunda Jumat depan.'. Haissshhh..... Kalo dalam asistensi lebih parah lagi, janjiannya jam 9pagi, sampe jam 5 sore nggak dateng-dateng. Waktu di telpon bapaknya bilang dengan polosnya kalo beliau lagi di luar kota. Hwaaaaaaa......#SUPER SABAAAARRRRRRR


2. Dosen Berdasarkan Lama Mengajar
Maksud saya di sisi adalah range waktu saat beliau mengajar.
a. Dosen Kilat
Dosen tipe ini yang paling saya suka. Ngerti banget deh kapasitas otak mahasiswanya. Hohohoho... Beliau ini kalo ngajar paling lama 1 jam. Uh yeaaahh...

b. Dosen Normal
Kalo yang ini sih sesuai sama waktu yang diberikan. Kalo range waktunya 100menit ya 100menit beneran. Kalo 150menit ya 150menit beneran. Sama dosen ini saya cuma bisa fokus 1 jam pertama. Hahahaaa....

c. Dosen Molor
Wahh...ini sih dosennya kerajinan. Dikasih waktu 100menit, beliau ngisinya sama lebih dari 100menit. Dosen tipe ini selalu membuat mahasiswanya resah dan gelisah pengen cepet keluar.


3. Dosen Berdasarkan Cara Mengajar
a. Dosen Have Fun
Sukaaaa deh sama dosen tipe ini. Pembawaannya nggak terlalu serius sambil diselingi guyonan-guyonan gitu. Bikin otak mahasiswanya lebih fresh dan lebih mampu menyerap materi.

b. Dosen Normal
Dosen yang menjelaskan sesuai porsinya. Serius, tapi kadang mencoba ngelucu. Mahasiswanya sungkan kalo nggak ketawa, akhirnya jadinya Ha Ha Ha Ha..*sambil nyengir*

c. Dosen Make Me Sleep
Sama dosen yang satu ini, mahasiswa nggak bisa bertahan lama untuk nggak tidur. Setiap kata yang diucapkan beliau bagai nyanyian ninabobo yang akan menemani mimpi indah mahasiswanya..zz..zzz...zzzz

d. Dosen Ekspert
Dosen yang satu ini punya segudang pengalaman buat di share. Selain itu, beliau nguasain banget apa yang mau dijelasin. Ilmunya banyak. Enak kalo sama dosen yang satu ini.

e. Dosen What Do You Say, Sir?
Ini dosen yang sukses bikin saya melongo setiap mata kuliahnya. Lah gimana nggak melongo, saya nggak ngerti sama sekali apa yang beliau jelasin. Biasanya dosen tipe ini sukanya tanya-tanya sendiri, dijawab-jawab sendiri, terus bingung-bingung sendiri. Nggak paham pokonya.


4. Dosen Berdasarkan Tugas
a. Dosen Baik Hati dan Unyu
Sukaaaaa deh sama dosen ini. Hampir nggak pernah ngasih tugas gitu. Jadi beban hidup berasa lebih enteng. Hohohohhohoooo...

b. Dosen Okay, Fine
Dosen ini kalo ngasih tugas emang sesuai sama porsinya. Masih bisa kita kerjain dengan tampang unyu gitu lah tugasnya. Masih wajar.

c. Dosen Astaganaganggakkurangbanyakinitugasnya?
Nah ini nih dosen yang paling ngeselin. Tiap pertemuan selaluuuuu aja ada tugas. Nah kalo tugasnya dikit sih nggak apa-apa ya, lah ini sekali ngasih tugas udah kayak disuruh ngangkat elpiji 13kilo. Beraaaatttttt.... Udah gitu susahnya naudzubillah pula. Haiissshh.... Bikin emosi aja.


5. Dosen Berdasarkan Nilai
a. Dosen Super-Unyu
Ini dosen baiiiiiiiiik banget. Kalo ngasih nilai tuh kalo nggak A ya AB. Kalo nilainya bagus-bagus dapet A, kalo biasa aja dapet AB. Pokoknya cetar membahana badai ulala~ bisa naikin IP deh.

b. Dosen Sesuai Kemampuan
Ya kalo yang ini sih emang udah seharusnya dosen kayak gini. Jadi emang bener-bener dilihat dari kemampuan mahasiswanya. Mana yang emang beneran bagus, mana yang perlu ngulang semester depan keliatan.

c. Dosen Pelit
Sebel banget sama dosen macem ini. Dosen macem ini selalu nganggep kalo A itu nilai Tuhan, AB nilai dosen, mahasiswanya yang paling bagus ya dapet nilai B. Huwaaaaa......

d. Dosen Random Atas
Sama dosen ini saya sebel nggak sebel sih. Sebelnya karena dosen ini ngasih nilainya random, jadi berasa nggak dihargain gitu usaha kita selama ini. Masa yang nggak pernah masuk sama yang masuk terus nilainya sama-,-". Nggak sebelnya, meskipun random, randomnya bagus-bagus. Biasanya kalo nggak A, AB, ya B. Lumayan lah....

e. Dosen Random Bawah
Ini saya yang paling nggak seneng. Udah random, randomnya jelek-jelek pula! Kalo nggak B, BC, C, D. Aaaaarrrrgghhhhh....bener-bener usaha kita selama ini kayak nggak dianggep deh.


6. Dosen Berdasarkan Kegantengan
a. Dosen Subhanallah Ganteng Banget
Ada loh dosen yang bener-bener ganteng. Saya aja liatnya sampe melting gitu. Apalagi kalo bapaknya senyum. Aaaauuuuwwww.....Ganteng banget. Enak dilihat, manis so yummy gitu. Lebih ganteng lah daripada Andika eks-kangen band (iya lah-,-")

b. Dosen Ganteng
Ini satu tingkat dibawah dosen tipe 6a. Enak dilihat deh pokoknya...

c. Dosen Standar
Yaaaa....wajahnya sih selayaknya dosen-dosen gitu... Jadi lebih fokus sama kuliahnya.*ehem..


Nah, dalam diri seorang dosen, pasti tersimpan tipe dari poin 1 sampe poin 6. Yang manakah dosen favoritmu? Apapun tipe dosennya, kita harus tetep menghormati dan menjalankan tugas-tugas yang diberikan... Meskipun harus sampe nangis darah(9'o')9

40 comments:

  1. kalo dosen gue ada yang stand up comedy, masuk kategori mana tuh??

    ReplyDelete
  2. asli ngakak gue, dosen-dosen gue juga kebanyakan kayak gitu, kerajianan datangnya, ngasih tugasnya kayak orang kesurupan dan ada yang paling parah menurut gue, dosennya tiap kali ngasih tugas atau pertanyaan kalo mahasiswanya gugup, gelagapan, dosennya seneng, dia ketawa. Aneh banget.

    pengamatan lo bagus, jeli lo ngambil ide buat dijadiin tulisan dan yang paling penting, realita banget.

    ReplyDelete
  3. dan semua jenis dosennya ada di kampus eyke. cuman perpaduannya yang beda2..

    ada dosen telatan dan tugasnya seabrek dan pelit nilai dan nggak ganteng..

    ada dosen biasa aja dan on time dan ngajarnya kilat dan tapi pelit nilai..

    dan masih banyak kombinasi perdosenan lainnya. Hidup Mahasiswa Indonesia1

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyalah,di kampusku juga perpaduannya beda2

      Delete
  4. aku gak ada yang suka sama dosen tipe-tipe di atas hahahhaa aku lebih suka dosen yang baik hati, sering kosong, ngasih nilai A, jarang ngasih tugas n kalo ketemu diluar tetep ramah hehehhee
    tapi kayaknya di kehidupan nyata ga ada ya Wil dosen macem ntu? yang ada dosen seperti tipe-tipe yg kamu sebutin itu hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kok...dosenku ada yang baiiiiik banget

      Delete
  5. paling sebel juga sama dosen PHP, eeeeeeeeeeeerrrrrrr.... sms pembatalan bisa kali... -___-

    ReplyDelete
  6. hahhaah asli ngakak,,, dosenku punya kesemua poinnya deh kayaknya

    ReplyDelete
  7. wkwkwkwk
    hampir semua tipe dosen ada di kampusku..
    kecuali tipe yang berdasarkan kegantengan.. ngak ada sama skali.. -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. loh,ga ada yang ganteng?kasiaaaannn...

      Delete
  8. pengamatannya keren bangeeeet :D
    bener tuh, sama kayak dosen di kampus gue ...
    salutt sama postingannya..

    ReplyDelete
  9. ada yg kurang, dosen berdasarkan Nada kentut. ? belum pernah dengar kan ? sama gue juga belon wekkewekkewek bables angine

    ReplyDelete
  10. Hahhaha, saya juga punya dosen yang ga pernah ngasih nilai A sama mahasiswanya, alasannya kyag gitu juga. Nilai A itu hanya datang dari Tuhan -_-'..

    Hahahahaha,, hampir semua dosen saya juga punya kriteria" seperti itu. :D

    ReplyDelete
  11. Hahahaha.... :D
    Gue masih SMA dan belom nggerasain bangku kuliah. Abis baca postingan ini, banyak khayalan2 tentang dosen di kepala gue...

    ReplyDelete
  12. jadi semua dosen udah pernah di pacarin yah *eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. -____________-"
      kalo pacaran sama dosen superganteng ya alhamdulillah banget..hahahaaa

      Delete
  13. hmmm klo nanti dah kuliah diajar sama dosen tipe apa yah

    ReplyDelete
  14. ehh ada klasifikasi mahasiswa ga, gw udah ga sabar masuk katagory mahasiswa unyu.. hehe

    ReplyDelete
  15. Dulu pernah punya dosen yang rajin ngasi tugas, rajin masuk, tapi kalo nyampein materi sambil komedi gitu :D

    ReplyDelete
  16. kalo dosen yang pas di kelas cuma pegang BB sambil senyum2 sendiri sampe jam kuliah abis termasuk yang mana ya, soalnya ada dosen gue yang kaya gitu, ehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sumpaaaah???hahahaa....dosen macem apa tuh?

      Delete
  17. kalo di mesin istilah dosen random atas dan random bawah ini disebut dosen "dosen kurva statistik ditribusi normal dengan sebaran daerah bawah dan atas".... Biasanya kalo daerah atas itu yg muda hahaha, tapi kalo mata kuliah UPMB terutama KWN dan PIL pasti random atas haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. -,-"kedawan mas istilah e...
      iyo,aku kwn,pil,agama dapt A semua

      Delete
  18. duh, jadi pengen tau deh, menurut mahasiswa2 saya, dosen macam apa yaa saya ini hihihi..

    dari dokumentasi2 yg saya punya, kayaknya dosen keren deh ;p *eaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. -,-"dosen keren itu yang kayak gimana mbak?

      Delete
  19. Jd pngn ketawa kalo baca tipe-tipe seerti ini. kok bisa ya ada yg nulis kayak gini. pasti pngalaman banget tuh! hahhaha

    ReplyDelete
  20. wkwwwk *ngakak
    aku plg sebel sesebel-sebelnya sm dosen php >,<

    ReplyDelete
  21. wahhhh,, aq jg rada gimana gt sm dosen yg molor2,, mau mencak2 jg gak mgkn,, palingan cm ngeluhhhh,, -_-

    ReplyDelete
  22. gua korban PHP dosen, berapa kali membuat gua berharap lalu mematahkannya *curhat*

    paling suka sama dosen axpert yang have fun plus unyu :D

    ReplyDelete
  23. Eh subhanalloh banget ni penggolongannya doseennyaa...penggolongan yang terakhir yang paling absurd..hahaha..tapi punyaku doseenyya kebanyakan ibu ibu sihh...@.@

    hobynya suka menggolongkan yaa..kemarin penggolongan gaya pacaran sekarang doseeen..besok apaaa??hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahhaaa...soalnya pada dasarnya aku emang suka ngamatin orang mbak..
      pengen dosen cowok-cowok? kuliah di teknik aja, mbak...ada yang ganteng loh*eh

      Delete
  24. izin shere ya. Tulisannya menarik banget.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo..jangan lupa cantumin linknya yaa :D

      Delete