Wednesday 29 October 2014

bapak oh bapak

Hai..
Saya mau nyeritain kehidupan cinta saya nih.. Heheheee.. Udah lama juga kan kehidupan cinta saya terombang-ambing nggak jelas? Nah saya ceritain salah satu faktor kenapa hubungan cinta saya jadi terombang-ambing nggak jelas.

Orangtua saya agaknya punya harapan yang tinggi untuk calon menantunya. Selain bibit, bebet, bobot yang jelas baik, orangtua saya juga pengen calon saya setidaknya 'setara' sama saya, kalo bisa lebih dari saya. Hal kayak gini bikin saya pusing, mana ada yang kayak gitu??? Kan setiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing toh. Pasti ada kurangnya lah istihanya. Hal itu juga terjadi ketika saya pacaran sama pacar saya yang LDRan sama saya SBY-JKT.

Seandainya saya masih sama dia, mungkin sekarang saya udah nikah. Soalnya saya dijanjiin gitu kan sama dia. Tapiii orangtua saya nggak setuju. Bilang ini lah, itulah, dan alasan-alasan lain yang menurut saya dibuat-buat. Saya nggak pernah ngerti kenapa orangtua saya nggak suka. Orangnya baik, dari keluarga baik, dan mau ngelamar saya kalo udah lulus. Tapi orangtua saya bolak balik bilang kalo saya baiknya kerja dulu, satu dua tahun. Nah, saya sempet debat tuh sama orangtua masalah nikah ini, soalnya menurut saya kan nikah itu lebih baik disegerakan, toh cewek itu baiknya di rumah toh. Saya ngeyel, nggak masalah lah kalo habis lulus kuliah nikah, toh ntar juga tergantung suami, kita boleh kerja apa enggak. Lah orangtua saya juga bersikeras kalo saya harus ngerasain gimana susahnya kerja dulu, biar tau susahnya cari uang, biar lebih ngerti gimana menghargai uang. Dan alasan ini bisa saya terima, dengan win-win solution saya mau kerja 3 bulan, terus nikah :|

Sayangnya, ternyata saya sama pacar saya yang dulu nggak bisa terus bersama.

Nah, perlakuan orangtua saya, terutama bapak saya, berbeda 180 derajat sama yang sekarang. Pertama dia kenalan sama orangtua saya, dia diajak ngobrol sama orangtua saya. Well, semua tamu saya yang ketemu sama orangtua saya pasti diajak ngobrol, kebanyakan sih cuma nanya masalah kuliah dan kampus, kebetulan bapak saya kan kenal sama beberapa dosen di fakultas saya. Biasanya ortu ngajak ngobrol 5-15 menit, terus balik lagi ke aktivitasnya. Nah, sama yang ini, bapak saya ngajak ngobrol ngalor ngidul guyonan nggak ada jaim-jaimnya sampe sejam lebih, hampir dua jam kali. Padahal itu kan udah lumayan malem, dia nganterin saya pulang sekalian pamit mau balik ke Batam, eh bapak saya nggak berenti-berenti jagongin-,-" saya yang udah ngantuk banget pengen cepet-cepet tidur bolak balik liat jam-___-", kalo ibu saya nggak bilang udah malem, ntar dia pulangnya kemaleman, palingan bapak saya ya nggak berenti-berenti ceritanya-,-"

Sejak itu, saya jadi kayak nggak kenal sama bapak saya.

Bayangin, dari yang awalnya bapak saya nolak mentah-mentah kalo saya langsung nikah habis lulus kuliah, sekarang malah bilang gini,

'Yaudah, sekarang terserah kamu mau kerja dulu, lanjut kuliah dulu, atau mau nikah dulu.'

Lah.. Saya kan jadi speechless. Maksud saya, sekarang saya nggak berniat nikah dalam waktu dekat, soalnya calon mertua saya *eh, ibu dia maksudnya :D bilang sendiri ke saya kalo jangan cepet-cepet nikah, dinikmati dulu masa mudanya, 2 taun lagi nikahnya. Lah saya yang dibilangin gitu ya mau gimana lagi? Saya paham kok, dia juga masih muda, cuma 11 bulan lebih tua dari saya, jadi memang buat dia, nikah sekarang ya terlalu dini.

Meanwhile di rumah saya, bapak saya jadi sering ngomong gini,

'Kalo menurutku, kamu itu bagusnya ya cari kerja, daftar kuliah, sambil nyiapin nikahan..'

Glek...

Entahlah..

Sebenernya kurang lebih saya tau gimana tipe calon menantu orangtua saya. Nah yang sekarang ini, saya sebenernya 50:50. Dari latar bibit, dia masuk kriteria. Nah untuk yang lain ini yang saya ragu. Apalagi kepribadian dia yang notabene mirip-mirip sama saya. 50% saya mikir bisa diterima, soalnya mungkin bapak saya kalo liat dia jadi kayak liat anaknya sendiri. 50% saya mikir bapak saya nggak bakal suka, soalnya bisa jadi bapak saya cari orang yang 'beda' sama saya, jadi bisa melengkapi hidup saya. Eh ternyata bapak saya doyan -___-"

Saya tau kalo bapak saya suka sama yang sekarang, gara-gara sebelum bapak saya ngomongin tentang nikah, bapak saya pernah keceplosan.. Bapak saya bilang gini,

'Yang jelas, kalo aku wes seneng ngajak ngobrol yo berarti aku seneng.'

'Loh berarti momo (romo, bapak *red) seneng sama yang ini?'

(Speechless campur gengsi) 'Errrr.. Yo lumayan lah..'

Sekarang malah kayaknya bapak saya yang gegeran pengen saya cepet nikah -,-" padahal sayanya malah nyantai. Entahlah, pemikiran orangtua saya susah ditebak -____-"

2 comments:

  1. Wil nikah itu enak lho, gw aja nyesel baru nikah 3tahun yang lalu. klo dari dulu tau klo nikah itu enak, gw bakal nikah pas lullus SD :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaa..om yandhi jangan bikin aku tambah pengen nikah plis-,-"

      Delete