Sunday 20 May 2012

Berkualitas dan Berpendidikan


Kapan hari saya terlibat cek cok sama pacar adek saya masalah kualitas. Lebih tepatnya kualitas seseorang.  Apa sih yang dimaksud orang berkualitas dan berpendidikan? Well, temen saya jaman SMA pernah cerita sama saya. Dia ikut sekolah kepribadian gitu. Dia cerita alasan dia ikut sekolah kepribadian itu ‘Aku disuruh sama mamaku, mbak. Lagian mbak tau sendiri kan saya nggak seberapa pinter di pelajaran. Saya modal apa mbak kalo kepribadian saya juga nggak bagus? Lagian mbak pikir deh, sebenernya orang yang puinter banget itu belum bisa dibilang berpendidikan loh. Misal ada orang yang puinter buanget, dia lulusan S3 tapi dia nggak punya sopan santun, nggak punya tata krama, pasti dia dibilang nggak berpendidikan. Coba kalo orangnya tau tata krama terus sopan, meskipun orang itu nggak pinter secara akademis, orang bakal bilang kalo dia berpendidikan.’

Well, yang saya tangkep dari omongan temen saya, kita nggak bisa men-judge seseorang itu berpendidikan cuma dari akademik saja. Kata berpendidikan ini lebih ditekankan pada pendidikan karakter seseorang, bukan hanya akademik. Sama kayak yang saya sebut orang berkualitas. Orang berkualitas ya nggak bisa dinilai hanya dari fisik dan otak, tapi lebih di bagaimana dia bisa menempatkan diri dengan baik atau tidak. Bagaimana dia bisa menempatkan diri dalam menghadapi orang yang lebih tua, lebih muda, lebih tinggi, lebih rendah, atau yang setara. 

Jadi saya berkualitas? Belum. Saya aja belum bisa ngatur emosi saya yang naik turun. Kadang juga saya masih belum bisa menempatkan diri saya sendiri. Saya masih suka seenaknya sendiri. Apa saya berpendidikan? Huahahahahaa....wong kuliah aja saya masih suka tidur dalem kelas, SMSan pula waktu dosen nerangin. Saya juga belum bisa bertata krama yang tingkat tinggi gitu. Sopan santun saya juga masih kurang. Tapi saya ingin menjadi orang yang berpendidikan dan berkualitas. Pasti saya bakal jadi orang berpendidikan dan berkualitas. Suatu saat. Dengan cara yang cocok buat saya.

2 comments: