Sunday, 7 October 2012

menentukan pilihan

Pilihan
Dalam hidup, setiap kita akan dihadapkan pada pilihan. Pilihan lagi, pilihan lagi. Ya, kita mau nggak mau harus memilih. Memilih yang baik apa yang buruk, memilih yang kanan atau yang kiri, memilih yang ini atau yang itu, bahkan, kalo dalam urusan cinta, memilih bertahan atau meninggalkan.

Sadar atau tidak, kita selalu memilih. Meskipun kadang, semua pilihannya punya resiko yang sama sekali nggak asik. Iya, resiko. Sekecil apapun, dimana ada pilihan, di situ ada resiko. Tinggal gimana pinter-pinternya kita aja dalam memilih resiko yang paling tidak merugikan. Semuanya merugikan? Ya cari yang kadar kerugiannya paling kecil dong.. Sesuai sama ilmu ekonomi, minimalkan kerugian maksimalkan keuntungan. Hahaaa....Wilanda, kamu jurusan apa sih? Teknik Kelautan. Iya, nggak nyambung emang sama ekonomi.

Back to topic. Nah, kebanyakan orang banyak yang kurang tepat dalam menentukan pilihan. Yang akhirnya terjadi adalah...jeng jeng jeng... kecewa. Iya, kecewa yang akhirnya juga menggalau di fesbuk+twitter. Sampe sumpek saya bacanya.

Kalo saya dihadapkan sama pilihan, yang bakal saya lakuin:
1. Berpikir jernih
Pokoknya jangan mikir waktu emosi lagi naik turun. Nunggu kita tenang dulu, goodmood dulu, baru deh mikirin.

2. Jangan tergesa-gesa
Kalo nggak berpikir panjang, asal milih, biasanya kita jadi cepat kecewa. Cepet nyeselnya lah istilahnya. Mikir panjang loh ya, mikir buat kedepannya juga. Jangan mendewakan emosi sesaat gitu..

3. Timbun opini orang
Ini nih yang biasanya saya lakuin. Curhat. Saya pengen tau opini orang kek gimana. Biasanya dengan curhat, pikiran kita bakal lebih terbuka.

4. Pertimbangkan semua resikonya
Lah kalo ini biasanya saya bikin kayak diagram gitu..semua resiko saya catet..hahahahaa...

5. Berdo'a, minta petunjuk sama Yang Maha Kuasa
It's a must

Well, segini dulu yaa... Lagi males nulis nih.. Gara-gara bulan kemaren rajin-rajinnya nulis, alhasil passion nulis bulan ini jadi luntur. Heheheee...

42 comments:

  1. bener jangan buru buru dan cepat cepat mengambil
    keputusan!

    ReplyDelete
  2. wokeh..tipsnya dibungkus...hihi
    emg butuh kehati2an tuk mngambil keputusan..

    ReplyDelete
  3. hampir sama temanya sama yang baru aja gue baca tadi, diblog sebelah membahas pilihan dan kecewa.
    oint ke 4 sama 5 yang kayaknya penting banget menurut gue. harus bisa mempertimbangkan resikonya.

    ReplyDelete
  4. Yang 'sekecil-kecilnya untung mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya' mah udah ga berlaku lagi di ekonomi. Kaga realistis dengan kehidupan yang ada *saya anak ekonomi :D

    Setiap pilihan memang punya resiko, untuk itu kita mesti melakukan pengambilan keputusan yang baik dalam menentukan pilihan. Kalo dalam teori yang saya dapatkan untuk pengambilan keputusan punya langkah-langkahnya.. :D

    Tapi langkah-langkah yang kamu gunakan juga sudah tepat, 'bagus' :) :D.. Berpikir jernih, tidak tergesa-gesa, dengarkan opini orang", mempertimbangkan resiko dan berdoa.

    Salam kenal ya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaaaa...iya sih..istilah lainnya, ada barang ada harga..
      salam kenal juga =D

      Delete
  5. aq suka opini yg trakhir,,
    percayanya sm Yang Maha Kuasa sj,, serahkan smua pada-Nya,, hanya DIA yg menentukan jalan hidup kita,, ^^

    ReplyDelete
  6. jangan lupa saat menentukan pilihan, kepala kita harus dalam keadan dingin, jangan pas lagi emosi, kemungkinan salah pilihnya pasti gede

    ReplyDelete
  7. timbun opini orang juga bikin bingung..

    opini orang kan beda-beda.. yang satu bilang A, yang satu bilang Z. huah tambah bingung deh.. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah,kalo kayak gitu balik ke pikirin dengan jernih. lakukan apa yang menurut kamu paling tepat

      Delete
  8. Menentukan pilihan itu gampang kok.
    Karena cuma ada 2 : Ya atau Tidak..
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga segampang itu loh..ga cuma ya atau tidak

      Delete
  9. emang paling susah kalau di suruh milih deh..
    apalagi aku tu orangnya cepat gugupan..
    baru aku bingung kalau udah banyak opini yang masuk..
    cuma bisa mengadu sama Yang Maha Kuasa aja.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,kalo kayak gitu emang harus sering berdoa..curhat sama Allah

      Delete
  10. Tapi terkadang sebuah pilihan harus dipilih saat itu juga, gak ada kesempatan untuk berpikir :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kayak gitu ya pilih apa yang menurut kita paling bener dulu aja

      Delete
  11. kalau udah ada dua pilihan pasti GALAU -____-

    ReplyDelete
  12. Untuk beberapa kondisi tertentu, kalo saya, poin nomor 5 dipindahin ke nomor 1. Doa, shalat istikharah, and then choose.

    Tapi kalo waktu buat memilihnya mepet, langsung flash SWOT Analysis deh :)

    ReplyDelete
  13. apalagi kalo milih pacar, musti hati-hati banget, jangan sampe salah milih lho

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo pacar salah pilih sih nggak masalah kalo suami atau istri yang salah pilih ya repot

      Delete
  14. hehehe...nentuin pilihan tu terkadang bikin qta ngerasa kyk di persimpangan jalan..ceileehhh..binun booo mau pilih mana.. boleh sih denger saran org..tp pd akhirnya qta yg hrs nentuin sendiri :-D

    ReplyDelete
  15. nentuin pilihan itu emang gak gampang...
    tiap pilihan pasti ada resikonya..
    ketika kita udah mantap dalam memilih sesuatu...
    kita harus siap dengan segala konsekuensinya... :)

    ReplyDelete
  16. kecewa?

    kadang ini tentang jalan dan takdir loh..

    :)
    ada juga beberapa hal yang tidak bisa kita pilih, dengan resiko besar kita harus tetap menjalani..
    artinya tuhan mempercayakan pada kita karena tuhan sendiri yang menganggap kita mampu..

    pilihan?
    tunggu tuhan yang menunjukkan..

    karena gue islam..
    caranya yaaa
    tahajjud :D

    ReplyDelete
  17. hay sepertinya ini kunjungan perdana bocil disini, salam "Blogger Energy"

    dan sekarang bocil lagi di hadapkan dengan berbagai macam pilihan. daan itu menyita pikiran :(

    ReplyDelete
  18. Duh, saya orangnya suka tergesa-gesa -__-

    ReplyDelete
  19. emang sulit kalo sudah menghadapi yang namanya pilihan -_-

    ReplyDelete
  20. kok menimbun opini orang hmmmm berati oportunis sejati donk hehhehe

    ReplyDelete
  21. aku punya satu pilihan yang membuatku menyesal seumur hidupku. aku tak tahu bagaiamna harus meminta maaf. :(

    ReplyDelete
  22. kalo gak mau memilih, ya gak usah hidup toh. Hidup itu kan penuh pilihan. Semakin kita dewasa, harus bisa semakin bijak pilihan apa yang kita ambil.

    ReplyDelete
  23. kalo aku sendiri jarang curhat sama siapapun, jadi mungkin enggak bakaln bisa menimbun pikiran orang lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. beroa dan berpikir jernih aja kalo gitu

      Delete
  24. pilihan itu salah satu pewarna hidup yg harus dijalani .
    memilih sesuatu dengan hati bukan dengan emosi :)

    ReplyDelete
  25. Kedengaran seperti judul albumnya anang dan ashanty, menentukan pilihan ya??? eh

    gak tau deh, selamat malam, BW sambil bagiin bakwan

    ReplyDelete
  26. Tulisan ini padat dan berisi...

    Saya juga sering banget dihadapkan kondisi di mana saya harus memilih tapi saya bingun mau milih apa.

    makasih ya point-pointnya,,,

    ReplyDelete