Tuesday 27 November 2012

pengaderan

Kalo dalam bahasa kampus secara umum, pengaderan itu semacam ospek gitu lah. Tapi outputnya saya rasa bakal lebih baik daripada ospek. Pengaderan itu kan semacam proses untuk menjadi kader yang berkualitas sehingga bisa meregenerasi sebelum-sebelumnya. Intinya seperti itu. Tapiiii....ada beberapa hal yang bikin saya setuju nggak setuju gitu sama pengaderan.

Sejatinya, pengaderan merupakan proses pembentukan karakter. Di semester tua 5 tapi wajah tetep unyu-unyu ini, saya menyadari beberapa hal. Sebenernya konsep pengaderan itu udah bagus. Terus apa yang bikin saya setuju nggak setuju? Pengaplikasiannya. Kadang, ada missed-communication antara konseptor sama orang-orang yang bakal turun tangan dalam menghadapi mahasiswa baru (saya sebut eksekutor aja ya). Kadang, eksekutor hanya menerima separoh dari maksud si konseptor. Jadi ya bener si eksekutor udah jalanin konsepannya si konseptor, tapi kadang caranya yang salah. Dan cara yang salah itu bisa mengakibatkan pembunuhan karakter. Saya salah satu korbannya.

Jaman saya SMP SMA, saya bisa dibilang lumayan pinter lah dalam hal ngomong. Presentasi, debat, lewat. Tapi kok sejak kuliah ini saya jadi cenderung diem ya? Nah, ini baru saya sadari ketika saya menjadi OC di tim pengaderan tahun kemaren. Jadi, skemanya gini...
senior nanya-->maba jawab-->senior nyalahin-->maba diem-->senior nyalahin juga
Jadi rasa-rasanya apapun  yang kita omongkan itu berasa salah semua dan berasa nggak ada harganya. Nah, berhubung saya dulu orangnya polos dan unyu, saya mikir lebih baik diem daripada ikut ngomong tapi disalah-salahin terus, bikin ati panas aja. Dan itu kebawa sampe sekarang. Saya yang awalnya kelewat pede, jadi kurang pede ketika harus ngomong ke orang yang lebih tua. Takut salah. Dan hal itu sangat tidak menguntungkan di saat umur saya yang udah twenty something gini.

Itu salah satu pembunuhan karakter yang saya rasakan. Menurut saya, di jaman yang udah serba canggih ini emang perlu buanget yang namanya pengaderan. Soalnya apa? Teknologi bikin sosialisasi antar-sesama jadi jauh berkurang. Kita jadi kurang peka sama lingkungan sekitar. Selain itu, di umur dengan tingkat kegalauan yang sedang memuncak, kita jadi lebih sensitif, dan menurut saya di umur 17-20 itu kita udah punya karakter yang udah nempel di diri kita. Jadi, konseptor yang baik harus bener-bener objektif dalam menyikapi karakter maba yang emang udah beda-beda. Gimana cara nyatuin karakter yang beda-beda itu? Bukan dengan memaksakan untuk 'memasukkan' karakter baru (yang biasanya dianggap sesuai tapi menurut saya sebenernya kurang efektif, soalnya saya ngerasa yang kayak gitu termasuk pemaksaan), tapi kita buat mereka menghargai apa yang namanya perbedaan dan kita tetep bisa mengembangkan potensi dari masing-masing pribadi.

Kita nggak bisa memaksakan treatment yang sama untuk semua. Soalnya, masing-masing dari kita itu beda. Punya otak dan hati yang beda. Kita boleh bikin mereka jadi lebih rajin, lebih kuat, lebih cepet mikir, lebih kritis, de.el.el..tapi kita juga harus paham kalo kita butuh cara yang 'tepat' buat menyikapi anak-anak yang pinter, anak-anak yang nakal, anak-anak galauers, ataupun anak-anak gahol.

Siapa sih yang suka kalo nggak dihargain? Nggak ada kan? Jadi, kalo ada seseorang yang ngomong sama kita, tolong didengarkan. Salah itu relatif. Kadang kita melihat dari kacamata yang berbeda. Nggak semua kan yang kita anggap benar itu bener-bener benar?

No comments:

Post a Comment