Thursday, 24 January 2013

kenapa harus kuliah?

Kenapa sih harus kuliah?
Well, saya dulu kuliah sih karena disuruh sama orangtua ya. Heheheheee.... Saya pengen kerja dulu aja sih sebenernya, kayak di FTV-FTV gitu *korban FTV*. Tapi liat temen-temen saya antusias buat kuliah semua kok rasanya saya jadi nggak enak sendiri kalo nggak ikutan antusias. Rasanya itu kayak mau ujian, tapi kamu nyantai-nyantai aja nggak belajar, padahal semua temenmu paling nggak pegang buku. Gimanaaaaaa gitu.

Nah, dari itu saya mulai kepikiran buat kuliah. Kuliah asik kali ya, kayak di FTV-FTV, bisa pake baju bebas, bisa ketemu cowok ganteng*ehem.. Iya, berasa masa depanku suram banget yak? Hahahahaaa... Nah, dari situ saya bingung, enaknya ambil jurusan apa??? Well, saya sih suka ngitung, apalagi ngitung duit. Saya juga seneng nggambar, meskipun kurang begitu artistik sih.. Jadi saya putusin buat kuliah teknik sipil. Terus saya juga pengen jadi guru matematika. Saya juga pengen jadi dokter gigi gitu, soalnya kalo dokter umum kan yang dipelajari buuuuuaaaaanyaaaaak, kapasitas otak saya nggak muat 'o'. Tapi bapak saya nyuruh saya kuliah teknik kelautan aja. Yaudah, saya daftar PMDK (kalo taun kemaren namanya SNMPTN undangan) di 3 universitas dengan jurusan yang beda-beda. Eh, nggak taunya keterimanya di teknik kelautan. Mau SNMPTN tulis, eh daftar ulangnya barengan sama SNMPTN tulis, jadi nggak bisa ikut. Akhirnya saya menjalani hari-hari kuliah sebagai mahasiswi teknik kelautan.

Lama kuliah, saya udah nyusun strategi buat lulus dan kerja di tempat yang bagus, eh lah kok calon suami bilang 'Ntar kalo udah nikah kayaknya kamu nggak usah kerja deh.'. Apppppaaaaahhhhh??????? Saya langsung melongo. Yah, namanya istri kan harus nurut sama apa kata suami kelak ya.. Berarti itu artinya saya cuma punya kesempatan ngantor beberapa bulan aja-_______-".

Terus kenapa saya susah-susah kuliah???????????
Kalo kita sadar, sebenernya kuliah punya banyak efek positif looooh... Iya, buat cewek juga. Sekalipun pada akhirnya cewek itu nggak kerja. Atau yang sering kita temui sekarang, orang kerja nggak sesuai sama jurusan kuliahnya. Banyak orang yang mikir,'Ngapain kuliah kalo pada akhirnya nganggur juga?' atau 'Ngapain susah-susah kuliah teknik kalo ujung-ujungnya kerja di bank?'*ehem..

Nah, saya bakal jawab kenapa kita harus kuliah, tapi sepengetahuan saya aja..heheheheeee..
1. Kuliah = Pendewasaan Pola Pikir
Jaman-jaman awal kuliah sih kita masih unyu-unyu dengan tampang tak berdosa gitu. Terus ospek merubah segalanya. Wajah kita yang semula unyu, jadi kusut gara-gara senior yang kita nggak ngerti maunya apa. Dijawab salah, nggak dijawab apalagi. Kita bakal sering dengerin senior tereak-tereak nggak jelas. Saya dulu juga udah males sama senior yang nggak jelas maunya apa, tapi setelah saya ikutin alurnya, ternyata selain membully dan pengen ngecengin juniornya, senior pengen juniornya 'tahan banting' dan punya pola pikir yang bagus. Nggak cuma harus positif thinking, kita juga diajarin gimana memberikan solusi terbaik.

Selain itu, di awal kuliah pasti ada beberapa mata kuliah dasar yang kita rasa kurang nyambung sama jurusan kita. Kalo di jurusan saya yang kurang nyambung tuh fisika dasar 2. Nggak bakal kepake di kelautan. Kalkulus sama matematika rekayasa juga nggak bakal kepake di dunia kerja, kecuali kalo pengen jadi dosen. Tapi kalkulus sama matematika rekayasa itu berguna buat memecahkan persoalan di beberapa mata kuliah lain. Sama kayak kalkulus, mungkin kita bingung kenapa kita susah-susah kuliah kalo ntar nggak nyambung sama kerjaan. Kuliah itu mendewasakan pola pikir kita untuk menempuh bab kehidupan baru setelah kuliah.

Kata temen saya, kuliah itu perlu untuk wanita karir maupun ibu rumah tangga, ibu yang cerdas melahirkan anak yang cerdas.


2. Kuliah = Latian Sabar
Saya ngerasa sejak kuliah ini saya jadi sabaaaaarrrr banget. Nah gimana nggak sabar? Saya udah belajar sabar buat ngadepin senior waktu jaman pengaderan, sabar ngadepin dosen yang php dan hobi ngasih banyak tugas. Sabar buat nerima nilai yang keluar kalo nggak sesuai sama harapan.

Di perkuliahan, kita dilatih buat sabar. Kita diajarkan kapan waktunya ngomong, kapan waktunya diem. Kita dilatih untuk menerima hal-hal yang kadang nggak sesuai sama harapan kita. Kita dibuat sadar, nggak selamanya kita mendapat apa yang kita ingin, tapi kita mendapat yang terbaik untuk diri kita, dan selanjutnya dibuat introspeksi.


3. Kuliah = Ujian Mental
Dibentak-bentak senior? Di PHP-in dosen? Harus ngulang mata kuliah? Dosen susah ditemuin? Tugas besar harus berkali-kali revisi? Jadwal kuliah nggak pasti? Ah, itu sih udah biasa. Namanya juga kuliah. Berkolerasi sama poin 2, di kuliah, mental kita juga diuji. Kalo dalam cinta, kita sering digalaukan dengan 'bertahan atau meninggalkan', kalo kuliah kita digalaukan dengan 'bertahan atau mengulang semester depan'. Hahahahaaaa...


4. Kuliah = Melatih Komunikasi
Di kuliah kita bakal belajar gimana cara berkomunikasi yang baik dan sopan, kepada yang seumuran, junior, senior, dosen, karyawan, alumni, sampe ke orang perusahaan. Tinggal gimana kitanya aja sih, mau mengembangkan diri kita atau enggak. Soalnya kita juga nggak bakal dapet apa-apa kalo kita cuma diem. Itu semua balik lagi ke diri masing-masing.


5. Kuliah = Memperluas Link
Kalo kita gawl di kampus, kita bakal kenal sama banyak orang. Nah kenalan itu yang berpotensi 'nolong' kita waktu udah lulus kuliah nanti. Entah buat akses masuk ke perusahaan, dipermudah masuk kantoran, atau sebatas teman curhat. Kalo misal pengen kerja di tempat yang kurang sesuai sama jurusan, temen-temen kita juga bisa bantu kok. Misal saya pengen buka restoran. Nggak ada yang ngelarang kan kalo kuliah teknik tapi ntar bikin restoran? Nah, kita bisa ngenalin produuk ke temen-temen kita dulu, terus minta tolong di promosiin. Iya, link itu juga bisa buat media promosi. Jadi, jangan sampe kita temenan sama orang cuma kalo lagi butuh aja. Jalin pertemanan yang baik sama semua orang kalo bisa. Hohohoooo....


6. Kuliah = Biro Jodoh
Kalo ini sih udah jelas bisaaaaaaa banget. Masa sih di jurusan nggak ada satu atau dua orang yang cakep? Yang cakep udah ada yang punya? Masa sih satu kampus nggak ada yang cakep? Banyak kan? Masalahnya, mau nggak sama kita? Hahahahaa... Ya kalo satu kampus nggak ada yang mau sama kita kok ngenes banget ya rasanya? Heheheheee.... Kuliah juga bisa jadi ajang tebar pesona. Ayo, hitung berapa temen kalian yang pacaran satu kampus? Saya sama pacar aja satu jurusan, tapi dia udah lulus sih-,-". Kalo kita kuliah, kita jelas punya kenalan-kenalan yang 'berkualitas', dan itu mendekatkan kita sama jodoh yang 'berkualitas' pula.


Di sini saya nggak bermaksud buat merendahkan yang lulusan SMA sederajat. Poin-poin di atas ini berlaku kalo kita mau bersosialisasi, nggak cuma diem dan jadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang kuliah pulang) aja. Mahasiswa nggak bakal jadi apa-apa kalo nggak punya soft skill yang bagus. Jadi, semuanya emang kembali pada diri masing-masing. Lulusan SMA sederajat bisa jadi lebih baik dari lulusan S1 kalo yang lulusan SMA sederajat lebih menguasai soft skill daripada yang lulusan S1. Yang perlu kita pahami adalah bagaimana cara kita bersikap, berpikir, berkomunikasi, dan peduli.

42 comments:

  1. wah, kreatif banget tulisannya.. :D
    kuliah itu emang penting banget buat semuanya.. tapi ya itu juga memang tergantung dari pribadi masing-masing lagi..

    ReplyDelete
  2. yoi.. asal jangan kuliahnya model kupu-kupu aja, alias kuliah pulang kuliah pulang.. abis kuliah, langsung pulang.. enggan ikut organisasi, males sosialisasi, sering shu'udzon sama dosen, ga bakalan dapet deh poin2 di atas :)

    ReplyDelete
  3. hehehehe, tapi terlepas dari itu semua, kita nggak bisa pungkiri kalo tujuan utama dari kuliah untuk bisa mepersiapkan kita ke dunia kerja lhoo...biar masa depan kita ceraaaah...untuk meningkatkan kualitas diri dan ekonomi kita di masa depan..

    mungkin bisa kerja dulu sampe modal terkumpul, terus setelah nikah memang nggak perlu kerja tapi membuka butik atau apaan yang bisa dibuka..hehehe... mimpiku banget itu..:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah mimpinya sama kayak aku..
      aku juga kalo ga buka butik ya buka resto

      Delete
  4. mbak gue galau nih milih jurusan, gue udah kelas 3 sma loh, tp gak tau hrus jursan apa, bantuin dong mbak,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kamu minatnya dibidang apa?
      pikirkan juga kamu lebih suka hitungan atau hafalan.

      Delete
  5. Hahaha ada2 aj smpai kpikiran gtu, ckck keren keren. Tpi yg psti ya buar tmbh pintr lah.
    Hhmm biro jodh?? Aaaakkkk mendadak galau gw :'(

    ReplyDelete
  6. hahahah kuliah sebagai biro jodoh itu kyaknya bakal berlaku di gue deh. ia bakal. huahahah

    ReplyDelete
  7. poin 1, 2, 3, 4, 5, emg ngena sm sy tp klo yg poin enam engga...hehehe
    klo soal kupu2,,,sy bkan tipe2 i2 sih,,,,hnya akhir2 in jd pngen lngsung plng k kos abis kuliah..

    ReplyDelete
  8. Yup ! bener banget dengan yang kamu bilang semua di atas. apalagi kuliah teknik itu berat, mentalnya yang paling utama.

    ReplyDelete
  9. bener yah,
    baru nyadar gue,

    gue juga udah mulai lanjutin kuliah nih, setelah dua tahun berjibaku nyari duit.
    alhamdulillah idup gue kayak di FTV, kuliah sambil kerja..

    dan yang lu sebutin semua diatas..
    kejadian bener, setelah satu semester gue lewatin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayang duit loh kalo molor2 kuliah itu

      Delete
  10. sekali lagi tulisan tentang kuliah yang keren ...
    pengamatannya boleh juga hehe
    kuliah emang biro jodoh juga pendewasaan pola pikir ..
    yah bener banget ..

    kuliah juga harus sabar buat nahan laper di akhir bulan ..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. *pukpuk*kalo akhir bulan aku pulang ke rumah

      Delete
  11. solusinya bermanfaat banget mbak :D
    tetep semangat yaa buat bikin resolusi" yang cetar ulaalaa :p

    ReplyDelete
  12. ini dia salah satu alasan gue mau lanjutin kuliah wkwk makyum mlooo hahaha

    ReplyDelete
  13. setuju banget gue, semua poin itu ga bisa kita dapat kalo kita ga kuliah. Kuliah emang butuh pengorbanaan ekstra keras.

    ReplyDelete
  14. Wkwk diPHPin dosen? XD
    Adududuuh... Jadi galau kan, kak nih, duuh... ~.~"

    ReplyDelete
  15. Wah, korban FTV juga nih... (๑_๑)
    Tapi, gue setuju banget sama poin yang terakhir.. Kuliah adalah biro jodoh. Ya, walaupun gue belom pernah ngerasain kuliah... ƗƗɐƗƗɐ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. SMA yang seuprit aja bisa jadi biro jodoh, apalagi kuliah

      Delete
  16. yang nomor aku gak setuju, apa, aku kuliah di mesin malah jadi jomblo, hahah mau pacaran ntar dikira homo, lak repot

    ReplyDelete
    Replies
    1. arek its ayu2 plis..
      mas ga pernah keluar jurusan se

      Delete
  17. Setuju2..ama opininya.
    Betewe skrg sista masih kuliah semester brp?
    *kepo
    Soalnya ada kata2.. "Calon suami nntinya gak ngijinin krja klo saya dah nikah".
    Wuehehe...
    Oya, domisili di surabaya ya?? Kalo jadi sih, awal maret saya domisili di sby. Wahhh boleh donk kpn2 kita jumpa...saling tuker pikiran tntang hidup ini. Ceileee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. semester 5..
      heheheheee
      yuk yuk kalo udah di sby kabarin yaa...ntar ngobrol2

      Delete
  18. kalo kuliah itu biro jodoh, kok gue sampe sekrang belum dapet2 jodoh gue di kampus,

    huft...

    ReplyDelete
  19. Kenapa pelajar malas untuk pergi kuliah? Kerana ada perkataan 'kuli' dalam kuliah. Cuba ianya diganti dgn 'coli'. Pasti rajin. wkwkwkw

    ReplyDelete
  20. poin no 1 - 5 bakalan memuncak saat masa2nya skripsi tuh...sabarnya 2x lipat, mental bajanya 2xlipat, skill komunikasinya 2 xlipat etc...

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneeeerrrrr....bakal ngerasain dibully dosen

      Delete
  21. alhamdulillah aku pernah kuliah, yang didapat bukan cuma ilmu pelajaran yang disampaikan sama dosen :)

    ReplyDelete
  22. Education is our passport to the future, for tomorrow belongs to the people who prepare for it today.

    ReplyDelete
  23. Hahaha,, bener banget, kalo gw sih lebih ke ujian mental sama latihan komunikasinya. :D

    ReplyDelete
  24. pernah mbak saya MOS sampai pulangnya nangis nangis n temennya ketabrak juga ... itulah tantangannya ,kesabaran ..

    ReplyDelete
  25. setuju banget sama kaka wilan, emang soft skill itu yg penting .
    kalo pinter gak bisa bersosialisasi percuma banget kayak nya -_-

    ReplyDelete