Wednesday, 20 March 2013

tentang etika

"Seganteng-gantengnya orang, secantik-cantiknya orang, sekaya-kayanya orang, di mata saya nggak akan ada harganya kalo dia nggak punya etika."

Itu kalimat yang saya koar-koarkan di evaluasi LKMM TD (Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa) jurusan saya beberapa minggu kemarin. Ngerasa nggak sih etika anak muda jaman sekarang udah mulai luntur? Kayak nggak punya unggah-ungguh lagi. Padahal etika ini nilai paling penting dalam kehidupan bermasyarakat. Buat saya, makan tanpa table manner nggak jadi masalah, tapi bergaul tanpa tau etika itu yang jadi masalah!*emosi*. Etika itu nggak cuma berlaku buat berhubungan sama yang lebih tua, tapi juga untuk yang seumuran dan bahkan yang lebih muda.

Masih inget pelajaran PPKn atau yang sekarang KWN jaman SD dulu? Kan kita diajari gimana cara bersosialisasi. Menghormati yang lebih tua, dan menyayangi yang lebih muda*ehm. Kalo menyayangi yang lebih muda gampang lah ya, apalagi yang lebih muda itu unyu dan enak dilihat*salahfokus. Maksud saya, orang yang lebih tua biasanya emang lebih penyayang sama yang muda-muda. Udah pengertian gitu lah. Nah, yang muda-muda ini yang kadang susah buat menghormati yang tua. Sekiller-killernya dosen, kita tetep harus menghargai beliau loh. Harus tetep sopan.

Jaman sekarang etika jadi mahal. Entah karena orangtua yang sekarang lebih sibuk mengembangkan karir, atau karena anak yang emang susah diatur. Apa untuk belajar etika saja kita butuh sekolah kepribadian? Mahal cuy!

8 comments:

  1. Setuju...
    Kalau saya mah simpel aja, perlakukan orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan.
    Kalau hidup ini permainan, ya harus ada aturannya lah :)

    Salam Super #Apasih

    ReplyDelete
  2. Berkunjung, sangat setuju dengan artikel tersebut.

    ReplyDelete
  3. Gue setuju kakak,.

    Kalo gue sih bila seseorang baik sama gue, gue juga baik sama mereka. Itu aja

    ReplyDelete
  4. Iya Kak jadi prihatin ya. Padahal kan kalau kita mau dihargai sama orang lain kita juga harus menghargai orang lain. ;-)

    ReplyDelete
  5. etikanya udah pada banyak yg hilang... jadinya ya susah kalo menginginkan generasi yg beretika

    ReplyDelete
  6. bener sob, terkadang yg susah itu orang dewasa yg tidak menghargai anak muda

    ReplyDelete