Sunday, 15 April 2012

Tips ngasal menghadapi UN

Berhubung besok anak SMA udah mulai UN, saya nggak mau kalah sama Jawa Pos ini... Tadi pagi kan Jawa Pos ngasih tips buat orang tua dan anak dalam menghadapi UN, nah kalo saya buat anak aja. Tapi ini sih berdasarkan pengalaman saya loh yaa....

1. Berdoa
Jelas ini elemen terpenting dalam segala hal. Berdoa dari awal sampe akhir. Berdoa lah biar jadi anak yang beruntung. Dalam hal ini contohnya beruntung soal yang keluar hampir sama kayak yang udah dipelajari, beruntung pengawasnya pas longgar, beuntung jawaban ngawur ternyata bener semua, dan keberuntungan-keberuntungan lainnya..

2. Belajar
Review materi, tapi jangan terlalu 'ngoyo'. Biasa aja. Yang terpenting itu pelajari dan berlatih mengerjakan soal-soal yang biasa keluar. Ikuti try out meskipun ternyata hasilnya kurang maksimal, jangan cuma ikut sekali aja, kan paling nggak kita bisa terlatih sama model soalnya. Try out itu bisa meningkatkan ke-pede-an kita dalam mengerjakan soal (asalkan try outnya nggak nyontek aja. Buat apa try out kalo nyontek? Bukankah try out itu buat ngukur gimana kemampuan kita?).

3. Refresh your mind
Nggak harus jalan-jalan sih, yang penting pikiran kita bisa tenang dulu. Tiap orang punya caranya masing-masing kok.

4. Jangan mikir negatif
Jauhkan dulu pikiran-pikiran negatif yang biasanya muncul menjelang UN. Tanamkan pikiran positif. Believe in your self. You can do it. Santai aja. Bahkan dulu saya nggak mikir kalo itu UN. Ya saya anggap aja itu kayak ujian-ujian biasa atau kayak try out. Jadi saya nggak ada beban apa-apa waktu ngerjain UN, dan otak saya juga berjalan seperti semestinya.

5. Hitung yang kira-kira benar
Yang namanya UN pasti ada batas nilai minimal biar bisa lulus, nah hitung aja jawaban yang kamu yakin bener. Jadi gini, waktu UN udah dimulai langsung aja kerjain soal yang 'gampang', yang kamu bisa lah pokoknya.. Kerjain semua yang kamu bisa dulu, terus hitung. Misal nilai minimal 6 dan ada 50 soal, berarti kamu harus bener minimal 30 soal kan? Nah, tandai soal-soal yang kamu yakin udah kamu jawab dengan benar di kertas soal (kertas soal boleh di corat-coret kan?). Kalo udah dapet paling nggak 30 soal yang kamu anggep bener, ya kamu bisa lumayan santai. Tapi coba lagi soal-soal yang belum kamu kerjain atau ragu-ragu, mungkin kamu dapet pencerahan. Hohooo....

6. Semoga mendapat pencerahan
Udah frustasi sama soal, celingak-celinguk nengok teman yang siapa-tau-pas-noleh ke kita. Hahahaaa...iya, saya dulu juga gitu. Tapi saya tetep stay cool. Pertama, awasi penjaganya. Kalo pas lagi nggak merhatiin ya capcus aja cari temen yang bisa bantu. Hohooo... Tanya sama temen jangan cuma 1 nomer aja. Kalo bisa langsung 5 nomer gitu. Kan mumpung pengawas nggak merhatiin. Nah, jawaban dari temen itu kamu catet dulu aja, jangan langsung dipercaya. Baca lagi soalnya, kalo jawabannya masuk akal, ya terserah kamu mau langsung ambil jawaban itu atau tanya yang laen, tapi kalo nyoba ngerjain sendiri lebih bagus lagi. Kalo kamu ragu, mending jangan ditulis dulu. Be a smart cheater, guys.

7. Pakai terobosan lain
Oemjiiiii....udah menit-menit terakhir tapi jawaban tak kunjung datang. Pasti langsung stres deh. Pengawas niat banget ngawasinnya, temen-temen nggak bisa berkutik pula, di kelas ada kamera CCTV pula. Huaahahahaaa....mimpi buruk itu... Tapi saya punya cara buat ngatasin masalah itu. UN kan nggak sama kayak SNMPTN. Jawaban salah nggak bakal ngurangi nilai kan? Jadi cobalah untuk ngawur. Kamu terlalu takut untuk ngawur? Percayakan pada pensil atau penghapusmu. Hahahaa*ketawa setan*. Jadi gini, pensil 2B kan bentuknya segi enam gitu sih, jadi tiap sisinya kamu tulis aja A B C D E, terus kalo udah frustasi ya tinggal gelindingin aja pensilnya. Niscaya pensil akan memberimu jawaban. Huahahahaaa....gitu juga mekanismenya kalo pake penghapus. Ngitung kancing baju? Nggak jaman! Kan jumlah kancingnya juga segitu aja kan?

8. Jangan percaya sama hape
Jangan percaya jawaban dari SMS baik dari yang udah kamu kenal apalagi SMS nyasar. Percayalah, itu belom tentu bener. Dan jangan bawa hape waktu ujian. Kenapa? Kalo kamu kena itu bakalan ada buktinya. Mending tanya temen, nggak ada bukti kalo nggak ada CCTVnya. Kalo ada CCTV ya saya ucapin selamat berjuang aja ya...Heheheheee.....Saya pernah kok ngalamin UN di ruang berCCTV, SMP saya ada CCTVnya soalnya.

9. Berdoa lagi
Berdoa biar bisa dapet yang terbaik. Percayakan semua sama Tuhan.

Yaaa...kira-kira ini yang dulu saya lakuin. Dan saya puas dengan nilai yang saya dapet. Jadi saya doain yang menghadapi UN bisa ngerjain dengan baik, bisa dapet pencerahan, bisa dapet nilai yang bagus, bisa lulus, dan akhirnya bisa berguna buat keluarga, nusa, dan bangsa. Amin...
Good Luck

25 comments:

  1. http://semangatsicatur.blogspot.com/2012/04/modal-nekat-ke-bromo-part-i-persiapan.html

    ReplyDelete
  2. yapp...soal yang harus didahulukan adalah soal yang benar2 diyakini jawabannya...
    jangan gugup pas ngerjain soal jg tuhh..kalo gak tenang pas ngerjain soal jg bisa2 gak maksimal hasilnya...
    semoga...lulus semua yg UN... :)

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. kapan sih emang UN anak sekolahnya? #GagalFokus

    ReplyDelete
    Replies
    1. maret kali.aku juga ga ngerti.hehehheeee

      Delete
  5. Wah bisa ga lulus gua kalo un pake tips ini wkwk

    ReplyDelete
  6. Tiap mengajar, khususnya ke siswa saya yg kelas 3 atau siswa bimbel yg akan hadapi UN, saya selalu berpesan, be confident, just believe that you're going to pass the exam n get the score based on the procedure you've been through: DUIT (Doa, Usaha, Ikhlas, Tawakkal). Insya Allah, lulus dgn hasil maksimal.

    Alhamdulillaah, siswa2 saya, so far, lulus 100% :D

    ReplyDelete
  7. hahah, baca ini jadi ingat UN lalu.
    gue juga pas udah waktunya mepet banget mau ga mau SMS ga masuk-masuk, gue jawab ngawur aja tapi setiap gue menjawab dibarengin dengan bismillah dan gue lulus, dengan nilai yang biasa-biasa aja.

    ReplyDelete
  8. dari dulu tetep kalo ujian pasti kayak gini yehh

    ReplyDelete
  9. kayaknya kurang 1 tips nya.
    10. jangan percaya pada tips" in, wkakak....

    ReplyDelete
  10. wah kalau itu bukan tips ngasal, tapi benar2 tips yang bagus ..hehe
    jangan terlalu percaya dengan hape dan sms yang datang, lebih baik yakin dengan diri sendiri, atau teman2 kita yg pintar..
    hehe semoga UN nya sukses, giatlah belajar !!

    ReplyDelete
  11. Doakan teman yang lain agar ikut sukses menjalankan UN,
    Semangat ya...!!!

    ReplyDelete
  12. stuju2,,
    refresh mind.. paling penting,, kalo udah suntuk,, tp jgn keseringan,, sekali2 aja,, hehehhee

    ReplyDelete
  13. yang penting itu berusaha, berdoa, bertawakal *etdah
    oh iya kalo udah H-2 UAN jangan terlalu belajar keras, malah harus refreshing menurut gua sih :)

    ReplyDelete
  14. hahah itu bukan tips ngasal menghadapi UN sih, soalnya berbobot :p
    gue juga ngelakuin itu waktu UN SMA 2 tahun lalu..
    oyah... di point 2 ada yg tulisannya 'ngoyo' itu artinya apa? itu bahasa apa yah? hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngoyo=berusaha dengan keras
      bahasa jawa qaqa

      Delete
  15. hahaha yang paling serem itu jangan percaya sama hape, wah terus percaya aja sama aplikasi whatapp di android ya haha soalnya kalo + foto jawaban temen lebih meyakinkan haha

    ReplyDelete
  16. kalo tips gue cukup 2 aja
    1. Berdoa
    2. Pasrah

    ReplyDelete
  17. kalo gue pertama berdoa dulu. nah pas lagi gak dapet jawaban, biasanya gue tang ting tung. selesai ujian berdoa lagi. abis itu pede aja sama jawaban sendiri

    ReplyDelete