Thursday, 21 March 2013

tips belanja tanpa 'lapar mata'

Hey heeeeeeey.....
Jumpa lagi bersama saya dalam acaaaraaaaa Ci Luk Ba! Emmmuaaaah...*eh salah
Udah 4 hari rasanya 'Catatan Kecil Seorang Permaisuri' bermetamorfosis jadi 'WILALALAND~a little note by a little princess' tapi kok masih aneh ya rasanya?'o'
Well, dalam kesempatan kali ini saya mau ngasih beberapa tips biar nggak 'lapar mata' waktu shopping, terutama di mall. Cewek-ceweeeek, mana suaranyaaaa~??? Awawawawawaw....*ehm, maaf, backsoundnya ketuker sama suaranya tarzan.

Girls, saya tau banget kok gimana rasanya ngeliat barang-barang yang menggoda mata waktu jalan-jalan di mall. Apalagi kalo diskon. Aaaaaawwwww.....mengiris hati banget rasanya~ Apalagi kalo mata sudah cinta dan hati mulai terpikat, rasanyaaaa susah banget kalo nggak ngeluarin duit dari dompet. Tapi kadang dompet terlalu tipis buat menukar isinya dengan barang yang udah bikin kita jatuh cinta. Mahal cyiiiin.... Nominal harganya aja udah bikin bergidik, nggak mampu beli. Kalo udah kayak gitu saya cuma bisa melambaikan tangan (kayak di acara uji nyali). Nggak kuaaaatttt....

Oke, cuss deh saya si Permaisuri kere bakal ngasih tips gimana biar kita nggak gampang 'lapar mata' ketika belanja:
1. Mantapkan Niat
Nggak cuma nikah yang butuh niat. Belanja juga harus diniatin. Mau belanja apa? Buat apa? Jumlahnya berapa? Kisaran harganya berapa? Harus punya niat tulus kalo kita CUMA PENGEN BELI ITU.

2. Fokusssss
Setelah niat udah mantap, pake 'kacamata kuda' ketika jalan. Fokussss.... Langsung kita samperin tuh tempat-tempat yang kira-kira jual barang yang kita cari. Nggak usah mampir-mampir di tenant-tenant yang masang manekin menarik. Nggak usah terpikat sama diskon-diskon yang melambai-lambai pengen dilirik. Nggak usah! Sekali kita terpikat, kita akan terjerat. Waspadalah! WASPADALAH!

3. Ajak Teman
Eiiittts...Tapi jangan pernah ajak temen yang doyan shopping! JANGAN! Kenapa??? Soalnya temen yang doyan shopping bakal 'menularkan' virus shopaholicnya pada kita. Nah, ajaklah temen yang nggak suka shopping. Coba ajak COWOK. Kebanyakan bangsa cowok nggak ada yang suka kalo diajak cewek shopping. Cowok cuma antusias kalo belanja makanan, game, alat olahraga, sama gadget. Dengan ngajak cowok dan lihat wajah betenya ketika udah capek kita ajak muterin mall, dijamin kita bakal sungkan. Kecuali kalo orang yang nggak sungkanan sih. Lebih enak lagi kalo ngajak temen yang suka jalan tapi nggak suka belanja. Pasti ntar dikomen 'Idih, udah diskon masih mahal.', dan dijamin kita nggak bakal mood beli barang itu lagi, karena dibilang mahal.-,-"cewek.

4. Bawa Uang Secukupnya
Bawa duit cukup menghindarkan kita pada pemborosan dan sifat hedon. Kenapa? Ya coba aja bawa duit 100rebu buat beli baju 1. Kalo dapet yang harga 70ribu ya tinggal 30ribu. Kalo 30ribu buat makan sama bensin habis. Duit di dompet udah nggak ada lagi. Yaudah. Kita cuma ngabisin 100ribu kan? Hehehheee... Lebih jelas lagi ada di poin berikutnya.

5. Jangan Bawa Kartu Kredit
Menurut saya, bawa kartu kredit tuh sama aja kayak bawa buku utang. Saya anti pake kartu kredit soalnya saya nggak suka ngutang. Buat mahasiswa kere kayak saya ini, ke mall bawa kartu kredit itu sama kayak nyalain api di SPBU. Beresiko bikin kebakaran. Iya, duit di dompet bisa kebakar juga kalo kita asal gesek kartu kredit. Bencana banget buat si shopaholic. Gesek ini gesek itu, harga-harganya emang murah, tapi kalo banyak ya bikin tagihan membeludak. Iya kalo bisa bayar, kalo enggak? Mampus dah.

6. Jangan Mampir ke ATM
Nggak ada gunanya kita bawa duit ngepas kalo kita masih suka mampir ATM. Sama aja bohong. Duit habis, ya tinggal nggesek ATM. Itu nggak bakal nahan keinginan kita buat belanja lagi. Mampirlah ke ATM kalo emang bener-bener perlu. Udah urgent banget. Baru deh ke ATM.

7. Bedakan Keinginan dan Kebutuhan
Sebagai shopper yang cerdas, kita harus bisa membedakan mana yang keinginan, dan mana yang kebutuhan. Biasanya 'lapar mata' bikin kita ingin memiliki barang yang kita ingin tanpa tau apa kegunaannya. Dan biasanya barang itu bakal cuma bikin lemari penuh tanpa dipakai, atau cuma sekali pakai. Sayang duit, sis. Beda sama kalo kita bener-bener butuh barang tersebut, nggak bakal rugi kalo kita beli.

8. Langsung Pulang
Nggak ada salahnya kita contek gaya belanja cowok. Pengen barang--> cari barang--> dapet barang --> pulang--> hati senang. Denngan skema kayak gitu, kita bakal hemat duit dan hemat tenaga.


Itulah tips-tips kurang penting yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat^^

8 comments:

  1. tips yang menarik. hehehe. Untungnya aku bukan shopaholik. sukanya jalan-jalan tapi nggak suka beli barang. Kantong pas. :D

    ReplyDelete
  2. Ini saya pilih poin 8, biar mata ga jelalatan :))

    ReplyDelete
  3. Kalo ngajak temen yang ngga suka shopping ya pasti ditolak dong sama dia. Kan dia ngga suka belanja~

    ReplyDelete
  4. gue lebih milih langsung pulang, karena gue juga tipe orang yang gak bisa pegang duit banyak, pasti belanja ini itu -__-"

    ReplyDelete
  5. kalo gue sih , tujuan pertama ke mall emang cuma buat liat liat doang .-. *pelit abis*

    ReplyDelete
  6. 6. Jangan Mampir ke ATM
    Nggak ada gunanya kita bawa duit ngepas kalo kita masih suka mampir ATM. Sama aja bohong. Duit habis, ya tinggal nggesek ATM. Itu nggak bakal nahan keinginan kita buat belanja lagi. Mampirlah ke ATM kalo emang bener-bener perlu. Udah urgent banget. Baru deh ke ATM.

    *setuju banget poin itu...:D hahahaha..
    mengatur keuangan emang seni ya.. seni menahan diri untuk berbelanja..

    ReplyDelete
  7. hahaa..
    mending bawa uang 5 ribu aja untuk bayar parkiran :D

    yg point nomor 3 setuju gue buat bawa teman cowok. seperti yg lo bilang cowok lebih lapar ngeliat makanan ..hehee

    ReplyDelete
  8. aaaaaaakkkk
    gue juga suka tergoda kalo window shopping
    makanya mending bwa duit secukupnya aja

    ReplyDelete