Sunday 25 March 2012

ayo lestarikan tari tradisional

Saya pernah baca artikel kalo balet bisa menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Well, emang mungkin bener sih.. Tapi kalo misal semua anak diajarin balet, terus yang mau melestarikan tari tradisional siapa? Kita yang tua-tua ini juga butuh penerus untuk menari tradisional. Banyak lho keuntungan yang bisa kita dapat kalo kita bisa tari tradisional.. Diantaranya:
1. Bikin pinggang kecil
Mau bukti? Saya buktinya *niru iklan shampo*. Ini serius. Kalo dari kecil kita udah kebiasa nari tradisional, niscaya pinggang kita ya bakal segini-segini aja. Meskipun saya segede gaban gini, tapi pinggang saya relatif kecil lho..(cuma perutnya aja yang gede..hahahahaaa). Saya nari udah dari SMP kelas 7 sih. Nah, waktu itu tuh jaman kecil-kecilnya saya. Celana sama rok saya dari jaman saya SMP masih muat tuh.. Padahal berat saya waktu SMP 45 dan sekarang 54. Hahahaaaa...(gitu bangga-,-)
2. Wujud cinta Indonesia
Kalo kita nggak cinta sama budaya sendiri, mau jadi apa negara kita? Cuma jadi follower gitu? Ya kalo bisa sih malah bule-bule itu yang kesengsem(jatuh cinta) sama budaya kita. Tari tradisional itu seru sebenernya. Lagian malu kan kalo misal kita dipilih sekolah buat ikutan pertukaran pelajar ke Jerman, misalnya. Terus disuruh ngasih persembahan yang khas Indonesia, tapi kita nggak bisa tari tradisional, nggak bisa nembang pula. Kalo kita bisa nari tradisional kan lebih so swit gitu..
3. Bikin badan lemah gemulai
Kebanyakan kalo kita bisa tari tradisional itu kita juga bakal bisa tari-tari lainnya. Tari modern oke, jadi cheerleader pun sanggup. Soalnya sebenernya latihan nari tradisional itu lebih capek lho daripada dance-nya bule-bule.

Heheheheee....apalagi ya? Hmm...pokoknya kalo saya punya anak cewek, ya saya kenalin tari tradisional dulu. Balet, atau tari-tari yang lainnya bisa nyusul lah. Yang jelas saya mau anak saya cinta dulu sama budaya sendiri. Cinta dulu sama Indonesia, baru kalo kenal yang laen-laen boleh laaah...

2 comments:

  1. Bener banget..kalo kita nggak melestarikan budaya kita, nanti rawan plagiat dari bangsa lain. Parah lagi malah dijadikan hak milik oleh mereka.

    Tumbenan posting ginian dek..mantap!!
    (^___^)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, rada sensi kemaren habis baca artikel gitu.. Emangnya cara numbuhin percaya diri cuma bisa lewat balet? Tari tradisional nggak bisa gitu?

      Delete