Monday 19 March 2012

tips ketika dikejar tugas

Saya punya kebiasaan yang kurang baik dari dulu sampai sekarang. Saya nggak bisa ngerjain tugas kalo nggak mepet. Belajar juga gitu, nggak bisa kalo nggak beberapa jam sebelum ujian mulai. Kebiasaan itu jujur saya membuat saya keteteran sendiri ketika tugas saya yang seabrek harus dikumpulkan di hari yang sama. Hadeee....sumpah saya pusing kalo udah kayak gitu. Tapi kalo saya ada di posisi seperti itu, yang saya lakukan adalah:

1. Prioritaskan
Waktu saya mengikuti LKMM Pra-TD di kampus saya, saya di ajarkan untuk memrioritaskan kegiatan yang akan saya lakukan. Kalau tidak salah, ada 4 kelompok, yaitu penting mendesak, penting tidak mendesak, tidak penting mendesak, dan tidak penting tidak mendesak. Jadi yang akan saya kerjakan terlebih dahulu ya yang mendesak-mendesak dulu. Helloooow, kita dikejar deadline. Saya kerjakan yang penting mendesak dulu, kemudian yang tidak penting tapi mendesak, setelah itu yang penting tapi tidak mendesak, dan yang terakhir tidak penting dan tidak mendesak.

2. Beri Timeline
Bukan cuma kegiatan kepanitiaan atau oraganisasi saja yang harus ada timelinenya. Mengerjakan tugas juga harus ada, agar tugas kita senantiasa dapat terselesaikan tepat pada waktunya, atau bahkan sebelum waktunya. Misal saya punya tugas kalkulus, fisika dasar, sama kimia dasar. Saya lupa ngerjain, dan hari ini harus dikumpulin. Sekarang jam 5 pagi, kalkulus masuk jam 7-9, fisdas jam 9-11, kimdas jam 13-15. Ya berarti paling nggak dari jam 5-5.30 saya coba soal-soal kalkulus yang saya bisa dulu. 5.30-6 siap2 kuliah, 6 capcus. Sebelumnya jangan lupa SMS/telpon temen sekelas kita yang kira-kira udah ngerjain dan kita minta tolong dia buat dateng pagi. Nyampe kampus pasti ada beberapa teman kita yang juga datang pagi-pagi dan niatnya sama kayak kita. Cari contekan. Sama-sama belum ngerjain? Atau nggak ada yang bisa? Ya tulis soal+rumusnya dulu aja. Jawabannya nunggu temen yang udah. Kalo temen pada dateng telat dan dosen udah dateng terus suruh ngumpulin gimana? Ya dikumpulin aja. Paling nggak kita udah nulis soal+rumusnya...hehehheeee. Nah, antara kalkulus sama fisdas kan nggak ada selang waktu, jadi triknya yaitu awal-awal kuliah kalkulus kita fokus dulu sama dosen, lah pas dosennya nulis-nulis di papan, lancarkan aksi buat nyontek. Hahahahaaa...Pokoknya tulis dulu aja jawabannya. Lanjut, dari selesai fisdas jam 11 sampe mulai kimdas jam 13, ada selang waktu kan? Nah, pakailah waktu itu dengan sebaik-baiknya. Kita emang harus ngatur strategi dulu untuk bisa berperang melawan tugas.

3. Cari yang Gampang
Setelah membuat timeline dan mengatur strategi perang, jangan pusing dulu lihat soal yang naudubile. Coba perhatikan dulu, mana soal yang kira-kira bisa dikerjakan. Ya pokoknya kerjakan sebisa kita aja lah. Paling nggak waktu kita tidak terbuang percuma hanya untuk nunggu jawaban turun dari langit.

4. Koreksi
Well, meskipun pada akhirnya kita nyontek, kalo ada waktu jangan lupa ngoreksi kerjaan kita. Jangan sampe kita salah paham atau salah nulis. Ya bisa langsung ketahuan lah kalo kita nyontek.

5. Pelajari lagi
Meskipun tugas udah kita kumpulkan, jangan langsung santai-santai kayak nggak ada apa-apa. Biasanya kuis atau ujian itu berdasarkan tugas yang udah dikasih ke kita. Nggak lucu dong kalo tugas kita lancar tapi kuis kita mandek? Ya emang sih kita bisa nyontek waktu ujian, tapi kan nggak selamanya kita bisa nyontek. Kalo pas apes gimana? Jadi ya lebih baik kita pelajari lagi tugas kita. Toh, nggak ada ruginya.


Sekian tips yang kurang bermanfaat dari saya. Hwaa...sekarang ini saya ya lagi ada tugas, dilanjut kuis pula, tapi belom saya kerjain. Belajar juga belom-,-

6 comments:

  1. hahaha...mahasiswa banget...ayo adek-adek kalo mau jago baca terus blognya mbak ini..

    Aku ini komen pake PC kantor, wordpress diblock, makanya aku komennya sebagai "anonymous"..

    ReplyDelete
  2. jago apa yaa...hahaha...ya gitu lah, kita kan juga harus jadi sarjana teknik yang licin, nggak kaku..

    So, nyontek menurutku fine aja asal paham..

    ReplyDelete
    Replies
    1. jago dong ngerebut hatinya mas..hahahhaaaa

      Delete
  3. MUAHAHAAHAA..mulai deh...aku malu.. *alah*
    --_____--"

    ReplyDelete